Cara Membuat Polygon dari Waypoint di QGIS

Cara Membuat Polygon dari Waypoint di QGIS

Cara Membuat Polygon dari Waypoint di QGIS | Kangdede.web.idQuantum GIS atau Qgis merupakan perangkat Sistem Informasi Geografis (SIG) Open Source yang user friendly dengan lisensi di bawah GNU General Public License.

QGIS merupakan proyek tidak resmi dari Open Source Geospatial Foundation (OSGeo). QGIS dapat dijalankan pada Linux, Unix, Mac OSX, Windows dan Android, serta mendukung banyak format dan fungsionalitas data vektor, raster, dan basisdata.

Walaupun perangkat lunak ini open source, tapi rasa dan kegunaannya seperti aplikasi berbayar. Bahkan menurut Kangdede banyak kelebihan dari aplikasi Qgis ini.

Pada kesempatan ini, Kangdede ingin berbagi cara membuat polygon dari waypoint. Jadi ketika Sobat mendownload hasil survey lapangan, data yang dihasilkan berupa waypoint yang memuat data koordinat atas titik-titik tertentu.

Agar kita tidak mengedit polygon secara manual dengan mengikuti titik koordinat tersebut diatas, ada cara yang cukup praktis dalam membuat polygon ini langsung dari titik koordinat.

Cara Membuat Polygon dari Waypoint di QGIS

Untuk membuat polygon dari waypoint di Qgis dapat dilakukan dengan 2 tahapan. Yang pertama, titik waypoint tersebut diubah dahulu menjadi polyline. Selanjutnya polyline dibuat polygon. Berikut caranya :

Merubah Waypoint menjadi Polyline

Sebelumnya Sobat bisa menggunakan tips Kangdede yang lalu yaitu membuat waypoint dari file excel. Jadi jika Sobat hanya memiliki data koordinat di file excel, Sobat bisa langsung menampilkannya di qgis berbentuk waypoint

Setelah dilayar qgis Sobat sudah tampil waypoint, langkah selanjutnya adalah mengubah waypoint tersebut menjadi polyline. Dengan cara menggunakan menu ProcessingToolbox, kemudian pada tab processing toolbox yang muncul dijendela sebelah kanan, kita cari tool dengan mengetikkan kata kunci “Points to path

point to path untuk membuat polyline dari waypoint
Mencari tools point to path pada tab processing toolbox

Selanjutnya kita double click (klik 2x) tool points to path yang ada dibawah Vector creation, maka akan muncul jendela points to path seperti ini :

Yang harus kita isikan adalah point layer yang akan kita buat line. Misalkan saja kangdede memiliki layer point “contoh waypoint” seperti yang nampak pada gambar. Kemudian order field, kita isi sesuai keinginan kita dari mana polyline akan digambar. Kangdede memasukan field name pada layer contoh waypoint karena berisi record code point dari 1 – 100. Jadi nanti polyline akan digambar dari point 1 menuju ke point 100.

Lalu klik Run. Maka akan muncul sebuah layer bernama path yang berisi polyline sesuai dengan waypoint yang ada

Hasil editing dari toolbox points to path

Sampai disini tugas kita untuk menggambar line dari waypoints sudah selesai Sobat. Cara ini dapat Sobat lakukan pada Qgis 3. Kalau untuk qgis versi 2, Sobat bisa menggunakan plugin points2one. Langkah selanjutnya adalah membuat polygone dari line yang sudah kita buat barusan.

Membuat Polygon dari Line

Cara membuat polygon dari line ini cukup mudah sekali Sob. Kita bisa menggunakan menu Vector – Geometry Tools – Lines to Polygons

Jendela Lines to Polygons untuk membuat sebuah polygon dari line
Jendela Lines to Polygons

Dijendela lines to polygons ini Sobat tinggal mengisi Input Layer dengan layers yang berisi lines. Kemudian untuk Polygon itu opsional, Sobat bisa langsung membuat file dengan mengklik icon disebelah kanan [create temporary layer] atau cukup dikosongkan untuk membuat layers otomatis.

Kemudian klik Run dan sebuah polygonpun akan muncul dilayar qgis.

Cara Membuat Polygon dari Waypoint di QGIS

Bagaimana Sobat, mudah bukan cara membuat polygon dari waypoint di qgis? Selamat mencoba. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat dan silahkan didiskusikan dikolom komentar jika ada yang blm dimengerti.. 🙂

Loading...