Apakah WhatsApp Business ?

Apakah WhatsApp Business ?

Apakah WhatsApp Business ? Pada kesempatan yang lalu kita sudah mengenal whatsapp web, yaitu suatu cara untuk menggunakan aplikasi whatsapp di komputer. Lalu apakah whatsapp business ?

Apakah WhatsApp Business ?

Whatsapp business adalah aplikasi perangkat lunak seperti whatsapp pada umumnya, namun ditujukan untuk pemilik usaha kecil. Jadi ini adalah aplikasi whatsapp yang terpisah yang dibuat oleh whatsapp untuk pemilik usaha kecil sehingga dapat memudahkan dalam berinteraksi dengan pelanggannya.

Jika Sobat memiliki usaha dan ingin terlihat profesional, Sobat bisa menggunakan aplikasi whatsapp business ini.

Fitur WhatsApp Business

Lalu apa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi whatsapp business ini? Berikut beberapa fitur yang disediakan whatsapp business sehingga dapat menunjang usaha Sobat :

Profil Bisnis

Profil bisnis merupakan fitur utama didalam whatsapp business dimana memungkinkan Sobat untuk menambahkan informasi mengenai perusahaan / Toko Sobat, seperti nama, alamat, kategori, deskripsi, email, dan situs web. Orang-orang dapat menemukan informasi ini dengan mudah ketika mereka melihat profil bisnis Sobat.

Untuk mengedit profil bisnis dapat dilakukan dengan cara :

  • Buka WhatsApp Business > Ketuk Opsi lainnya > Setelan > Setelan bisnis > Profil Bisnis.
  • Ketuk Edit pada bagian sudut kanan atas.
  • Ketuk pada bidang yang ingin diperbarui > Simpan.

Selain menambahkan situs web, pada fitur penambahan situs web Sobat juga dapat menambahkan profil facebook maupun instagram.

Alat Olah Pesan

Beberapa fitur terkait perpesanan di whatsapp business terdiri dari :

  • Pesan diluar jam kerja yaitu fitur untuk membuat template pesan yang dapat dikirimkan secara otomatis ketika Sobat tidak berada ditempat atau diluar toko. Setelan pesan ini juga bisa dinyalakan sesuai jadwal dimana toko Sobat sudah tutup. Untuk menyetel pesan di luar jam kerja:
    • Ketuk Tombol Menu > Setelan > Setelan bisnis > Pesan di luar jam kerja. Nyalakan Kirim pesan di luar jam kerja.
    • Ketuk pesan tersebut untuk mengeditnya > OKE.
    • Di bawah Jadwal, ketuk dan pilih antara:
      • Selalu kirim untuk mengirim pesan secara otomatis pada setiap waktu.
      • Jadwal khusus untuk mengirim pesan secara otomatis hanya pada waktu yang ditentukan.
      • Di luar jam kerja untuk mengirim pesan secara otomatis hanya pada waktu di luar jam kerja. Opsi ini akan tersedia jika Sobat telah mengatur jam kerja di profil bisnis.
    • Di bagian Penerima, ketuk dan pilih antara:
      • Semua orang untuk mengirim pesan otomatis ke siapa pun yang mengirimi Sobat pesan di luar jam kerja.
      • Semua orang kecuali… untuk mengirim pesan otomatis ke semua nomor kecuali beberapa nomor.
      • Hanya kirim ke… untuk mengirim pesan otomatis ke penerima tertentu.
    • Ketuk Simpan.
  • Salam. Digunakan untuk menyapa pelanggan saat mereka mengirimkan pesan kepada Sobat untuk petama kalinya atau setelah 14 hari tidak aktif.
  • Balas cepat. Fitur balas cepat ini merupakan template pesan yang dapat gunakan untuk membalas chat dari pelanggan secara cepat. Untuk menggunakan fitur ini :
    • Sobat dapat membuat template pesan terlebih dahulu dimenu setelan > setelan bisnis > balas cepat
    • Buat template kata-kata / sebuah pesan untuk membalas cepat.
    • Untuk membuat template lain ketuk tanda + yang ada dibawah layar whatsapp business.
    • Untuk menggunakan fitur balas cepat, ketika sobat dalam posisi sedang melakukan chatting dengan pelanggan, sobat bisa mengetik tanda “/“, maka beberapa opsi template pesan sudah ada dan sobat tinggal ketuk balasan yang ingin dikirim kepada pelanggan.

Katalog Produk

Pada saat ini whatsapp business juga dilengkapi dengan fitur untuk menambahkan katalog produk yang dapat dilihat oleh pelanggan maupun dapat dikirimkan ketika sedang melakukan chatting dengan pelanggan.

Setiap produk atau layanan dalam katalog memiliki nama yang unik disertai bidang tambahan opsional termasuk harga, deskripsi, tautan situs web, dan kode produk atau layanan. Pengidentifikasi ini memudahkan pelanggan untuk mengidentifikasi produk dalam katalog. Pemilik bisnis dapat mengunggah maksimal 500 produk atau layanan ke katalog yang dimiliki.

Katalog dengan informasi terkini memungkinkan pelanggan, baik pelanggan tetap ataupun yang belum menunjukkan minat, untuk menelusuri produk atau layanan dan terhubung dengan bisnis. Para pelanggan dapat memilih produk atau layanan yang diminati dan membagikannya kepada teman-teman mereka. Pelanggan juga dapat mengirim pesan kepada bisnis untuk mengajukan pertanyaan.

Mengelola Katalog Produk Whatsapp Business

Menambah produk atau layanan

Untuk menambah produk atau layanan ke katalog Anda:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Business > Ketuk Opsi lainnya  > Setelan > Setelan bisnis > Katalog.
    • Jika Anda membuat katalog baru, ketuk TAMBAH PRODUK ATAU LAYANAN.
  2. Ketuk ikon tanda tambah hijau, lalu Tambah Gambar.
  3. Ketuk Galeri untuk mengunggah gambar dari Foto Anda atau Kamera untuk mengambil gambar baru. Anda dapat mengunggah hingga 10 gambar.
  4. Berikan nama produk atau layanan. Anda juga dapat memberikan detail opsional seperti harga, deskripsi, tautan situs web, dan kode untuk produk atau layanan yang diunggah.
  5. Ketuk SIMPAN.

Menghapus produk atau layanan

Untuk menghapus produk atau layanan dari katalog Sobat:

Buka aplikasi WhatsApp Business > Opsi lainnya  Setelan > Setelan bisnis > Katalog. Tekan dan tahan jari Anda pada gambar produk atau layanan yang ingin Anda hapus. Ketuk ikon Hapus, kemudian ketuk YA.

Alternatif lainnya, pilih gambar produk atau layanan yang ingin Anda hapus. Kemudian, ketuk Opsi lainnya   Hapus > HAPUS.

Catatan: Setiap gambar yang diunggah ke katalog tunduk pada peninjauan otomatis. Peninjauan ini membantu mengonfirmasi bahwa gambar, produk, atau layanan memenuhi Kebijakan Perdagangan WhatsApp.

Jika suatu produk atau layanan dalam katalog Sobat ditolak, ikon tanda seru merah akan ditampilkan di samping gambar. Jika Sobat merasa ini tidak benar dan Sobat ingin meminta peninjauan lagi:

  1. Pilih produk atau layanan yang ditolak untuk melihat Detail.
  2. Ketuk minta peninjauan kembali.
  3. Masukkan alasan untuk permintaan peninjauan lain di bidang teks.
  4. Ketuk LANJUT.

Mengunduh Whatsapp Business

Whatsapp business dapat diunduh secara gratis di google play Store. Namun yang perlu diperhatikan bahwa Sobat memiliki opsi untuk menggunakan akun whatsapp biasa menjadi whatsapp business ini dengan riwayat chat. Namun sebaliknya, riwayat chat whatsapp business tidak bisa dikembalikan lagi ke whatsapp reguler jika Sobat ingin berhenti menggunakan whatsapp business ini.

Selain opsi tersebut diatas, Sobat juga bisa menggunakan dua aplikasi yaitu whatsapp mesenger dengan whatsapp business secara bersama-sama didalam 1 smartphone dengan catatan, masing-masing akun menggunakan nomor seluler yang berbeda.

Menggunakan Whatsapp Web

Whatsapp business juga dapat digunakan menggunakan whatsapp web. Jadi Sobat tetap bisa terhubung dengan pelanggan melalui pc/laptop dengan memanfaatkan whatsapp web. Bagaiaman caranya? Sobat bisa membaca artikel cara menggunakan whatsapp web diblog ini.

Demikian Sobat, semoga artikel ini bisa menginspirasi Sobat untuk mengembangkan lagi bisnis Sobat menjadi lebih interaktif dan mempermudah berinteraksi dengan pelanggan dan calon customer Sobat. Semoga artikel mengenai ” apakah whatsapp business ? ” ini bisa bermanfaat.

Loading...