Whatsapp Web : Cara Menggunakan WA Web di PC

Whatsapp Web atau disingkat WA Web adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Whatsapp sehingga kita bisa melakukan percakapan whatsapp melalui browser atau aplikasi whatsapp di komputer / laptop.

WA Web atau whatsapp web ini sangat memudahkan pengguna yang ingin berbagi file atau berkas-berkas yang tersimpan di PC / laptop, sehingga tidak perlu ditransfer terlebih dahulu kedalam handphone. Dengan demikian, file atau berkas office atau multimedia, dapat dikirim langsung ke kontak whatsapp kita.

Kenapa Harus Menggunakan WhatsApp Web?

Dengan wa web maka memungkinkan bagi kita untuk melakukan Chatting di WA ini didalam komputer, beberapa fungsi utama yang ada pada whatsapp di smartphone Android atau iOs dapat digunakan didalam wA web.

Jika demikian, lalu kenapa harus menggunakan whatsapp web? Nah alasan-alasan dibawah ini sangat penting sehingga kita harus bisa menggunakan wa web didalam pc/laptop.

Berikut alasan kenapa kita harus menggunakan wa web di pc/laptop :

  • Dengan menggunakan wa web di PC/Laptop, kita bisa mudah mengirimkan data atau dokumen pekerjaan kita (berupa file office / doc, docx, odt, ods, pdf, xls, xlsx dll) tanpa harus memindahkan dahulu file tersebut kedalam handphone. Jadi penggunaan whatsapp web di pc/laptop akan saaaaangat berguna untuk para pekerja kantoran yang sering kirim-kirim file / dokumen ke bos, rekan kantor atau client.
  • Dengan menggunakan wa web, kita tidak akan sibuk memegang handphone saat bekerja didepan komputer. Karena setiap pesan di whatsapp akan langsung tampil di wa web juga.
  • Tampilan di Wa web lebih besar serta leluasa untuk mengetik dan membalas pesan chatting whatsapp lebih cepat daripada menggunakan handphone. Tentu saja karena dengan dengan menggunakan wa web di komputer, maka kita bisa mengetik pesan dengan 10 jari! tentu akan lebih cepat dan asyik bukan? BTW di handphone bisa ngetik 10 jari enggak Sob??

Persyaratan Untuk Bisa Menggunakan Wa Web

Nah setelah tahu kelebihan wa web sehingga ada alasan bagi kita untuk menggunakan whatsapp web tersebut di komputer, sekarang pertanyaannya adalah apa syarat untuk bisa menggunakan wa web?

Dirangkum dari halaman faq.whatsapp.com, ada beberapa persyaratan yang harus (wajib) dipenuhi oleh pengguna whatsapp agar bisa menggunakan wa web di komputer, antara lain :

  • Memiliki Akun Whatsapp. Tentu saja Sob, untuk bisa menggunakan aplikasi wa web di komputer, maka sebelumnya Sobat harus memiliki minimal 1 akun whatsapp (jaman now banyak yang punya banyak akun whatsapp lho!)
  • Memiliki koneksi internet yang stabil. Untuk menggunakan wa web di pc/laptop, maka sobat harus memiliki koneksi internet yang stabil, baik diperangkat handphone maupun di komputernya. Dan jika memungkinkan koneksi internet yang sobat miliki harus unlimited a.k.a tidak terbatas. Malu dong lagi asyik chat di whatsapp jika kehabisan kuota internet.. 😀
  • Hanphone Sobat memiliki kamera belakang. Enggak harus beresolusi tinggi ko, yang penting ada kamera belakangnya, karena untuk masuk ke wa web, sobat harus melakukan scan barcode dulu.

Nah itu dia beberapa persyaratan wajib yang harus Sobat miliki untuk dapat menggunakan wa web atau wa web. Selain hal diatas ada persyaratan lain yang sifatnya opsional seperti aplikasi wa web, sistem operasi komputer dll.

Baca juga : Cara Mengirim Video Panjang di WhatsApp

Aplikasi VS Browser untuk Membuka WA Web, Mana lebih baik?

Untuk membuka wa web di komputer kita memiliki 2 opsi utama, yaitu menggunakan aplikasi atau menggunakan browser. Kalau kangdede lebih cocok menggunakan aplikasi, karena lebih praktis untuk berpindah antara wa web dengan browsing cukup dengan menggunakan kombinasi tombol alt+tab.

Salah satu aplikasi yang bisa Sobat gunakan untuk membuka wa web di komputer (pc/laptop) adalah Rambox (tersedia untuk Windows, Mac dan Linux), aplikasi whatsapp untuk mac atau pc windows dari whatsapp.com dan masih banyak aplikasi lainnya. Nah, untuk urusan aplikasi ini, kangdede lebih suka menggunakan rambox, karena kita bisa membuka banyak akun whatsapp didalam 1 aplikasi. Tidak hanya akun wa sobat, ternyata dengan rambox, kita bisa membuka telegram, weChat,messenger dll.

Namun, jika pilihan Sobat adalah browser (karena mungkin males download dan install aplikasi lagi), maka Kangdede sarankan Sobat bisa menggunakan browser yang ringan dan cepat, seperti google chrome, firefox atau opera.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC/Laptop

Setelah diputuskan untuk menggunakan aplikasi atau browser, sekarang tiba saatnya kita menggunakan wa web ini di desktop komputer kita. Cara untuk menggunakan wa web adalah :

  1. Buka Wa Web Sobat di Desktop (PC/Laptop) dengan membuka aplikasi wa web/rambox atau menggunakan browser. Jika menggunakan browser, maka Sobat harus mengakses url : web.whatsapp.com. Jika menggunakan aplikasi rambox atau wa web desktop, maka akan muncul secara otomatis permintaan Kode QR.
  2. Ketika dimintai kode QR di PC, gunakan pemindai QR dari dalam WhatsApp smatphone Sobat untuk memindai kode QR tersebut.
  3. Untuk melakukannya, buka WhatsApp di telepon Sobat,
    • Di Android: di layar Chat > Opsi lainnya  WhatsApp Web.
    • Di iPhone: buka Pengaturan  > WhatsApp Web .
    • Di Windows Phone: di layar Chat > buka Menu  > whatsapp web.
  4. Kemudian langkah terakhir, pindai kode QR di layar komputer dengan telepon Sobat.
whatsapp web
memindai kode QR untuk menggunakan wa web

Cara Keluar dari WA Web

Setelah menggunakan wa web terutama jika Sobat menggunakan pada komputer umum, maka Sobat wajib mengeluarkan aplikasi wa web tersebut. Maksudnya Sobat harus keluar dari wa web, bukan sekedar mengeluarkan aplikasi wa web di pc/laptop.

Hal ini sangat penting karena jika tidak dilakukan, wa web sobat bisa digunakan oleh orang iseng dan tidak bertanggung jawab. Jadi demi keamanan Sobat, sebaiknya segera keluarkan wa web (log out dari wa web) setelah segala urusan selesai 🙂

Lalu bagaimana cara keluar / logout dari wa web ini? Cara untuk keluar dari aplikasi wa web ini cukup simple, yaitu melalui aplikasi whatsapp di handphone Sobat, yaitu :

  1. Buka WhatsApp di telepon Sobat > lalu buka Setelan/Pengaturan atau Menu.
  2. Ketuk WhatsApp Web > Keluar dari semua perangkat > KELUAR.

Nah Sobat Kangdede, demikian info singkat dari Kangdede mengenai cara menggunakan WhatsApps Web di komputer. Semoga bermanfaat.

Loading...