Cara Membuat Email Baru

Cara membuat email baru di gmail saat ini sudah sangat mudah. Apalagi jika kita menggunakan handphone Android karena sudah terintegrasi dengan akun google.

Pada saat ini banyak sekali penyedia email gratisan seperti yahoo mail, hotmail / outlook maupun gmail (google). Selain yang gratis, tentu ada penyedia email (email provider) yang juga memberikan layanan ekstra dengan fee (biaya) tertentu seperti proton mail dan zoho.

Diantara email provider yang ada diatas, untuk di Indonesia sepertinya gmail dan yahoo mail sudah menjadi pilihan terbaik.

Untuk membuat sebuah akun email memang mudah, tapi percaya atau tidak pada detik ini masih ada yang belum bisa membuka atau membuat email baru. Hal ini bisa kita temui di beberapa gerai handphone, dimana seorang pembeli handphone baru ditanya alamat email, dia tidak memilikinya. Bahkan tidak tahu apa itu email, fungsi email dan cara membuat email.

Oke Sob, jadi sebelum kangdede bahas mengenai cara membuat email baru, ada baiknya Kangdede ulas sedikit saja mengenai pengertian email, fungsi email dan terakhir baru artikel tentang cara membuat email baru.

Baca Juga : Cara menggunakan whatsapp web

Pengertian Email

Saat ini mengirim pesan berupa surat dengan menggunakan email adalah merupakan cara paling mudah, murah dan cepat. Selain pesan yang kita sampaikan, email juga dapat disisipi dengan berbagai file digital yang bisa berisi dokumen maupun file multimedia. Jadi apa sih pengertian email itu?

Email atau e-mail (electronic mail) atau surat elektronik adalah suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jaringan komputer dan internet.

Pesan digital tersebut dapat dibuat dan dikirim ke alamat email lainnya dengan menggunakan komputer/ laptop dan gadget lainnya, seperti smartphone dan tablet yang terhubung dengan internet.

Jika kita mengirimkan pesan berupa surat melalui kantor pos, maka diperlukan alamat tujuan, sedangkan pada email kita membutuhkan nama email tujuan. Contoh alamat email misalnya seperti yang Kangdede punya : dede.mahmud@gmail.com, dede.mahmud@kangdede.web.id dan kangdede@live.com.

Jadi alamat email mengandung kata yang unik serta berbeda satu dengan yang lain.

Manfaat dan Fitur Email

Berikut beberapa manfaat dan fitur dari email :

  • Mengirim dan menerima pesan dengan cepat – penerima email akan menerima email dari Sobat segera setelah mereka online (terhubung dengan internet) dan membuka email mereka.
  • Aman. Saat ini email adalah sarana pesan yang aman dan privat.
  • Biaya Rendah. Karena cukup menggunakan kuota internet, kita bisa mengirim dan menerima pesan dengan cepat.
  • Foto, dokumen, dan file lainnya dapat dilampirkan ke email, sehingga lebih banyak informasi dapat dibagikan.
  • Satu email dapat dikirim ke lebih dari satu penerima sekaligus.

Cara Membuat Email Baru di Gmail

Cara membuat email baru di komputer dan hp

Kenapa menggunakan gmail (google email), karena provider email ini paling banyak dan paling mudah digunakan. Jadi lets go kita buat email baru di gmail

Cara membuat email baru dengan browser komputer

  1. Masukkan alamat www.gmail.com pada web browser dikomputer Sobat.
  2. Kemudian Klik “create an account”, maka sebuah kotak akan terbuka.
  3. Isi data diri Sobat dengan lengkap.
  4. Pada isian setelah nama, Sobat bisa memilih nama untuk username atau alamat email Sobat. Contohnya seperti punya kangdede diatas (dede.mahmud@gmail.com)
  5. Jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another“. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang Sobat pilih. Untuk bisa mengakalinya atau agar username tersebut diterima, Sobat bisa menambah angka atau karakter tertentu, atau mengganti username dengan kata lain yang lebih unik.
  6. Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.
  7. Klik “Next Step”, akan muncul “agreement, atau kotak persyaratan”, klik pada “I Agree”
  8. Sampai point 7 jika berhasil dilakukan berarti Sobat telah memiliki akun Gmail 🙂 jangan lupa untuk selalu mengingat alamat email dan passwordnya ya…

Membuat email baru di Android

Selanjutnya untuk membuat email baru di android, khususnya akun gmail Sobat bisa mencari setting / pengaturan hp android Sobat. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Cari menu “setting” atau “pengaturan” di HP Android
  2. Cari menu “account” atau “akun”
  3. Pilih “add account” atau “tambah akun”
  4. Cari ikon “google”
  5. Akan muncul pilihan “sign in” dan “create a new account”
  6. Pilih “create a new account”
  7. Isi nama depan dan nama belakang
  8. Klik “next”
  9. Lalu isi tanggal lahir dan jenis kelamin
  10. Klik “next”
  11. Pilih nama sebagai username atau alamat email Sobat.
  12. Klik “next”
  13. Jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another. langkahnya sama dengan cara membuat email di komputer, jadi sobat cari username lain yang lebih unik atau menambahkan angka atau karakter tertentu
  14. Klik “next”
  15. Selanjutnya adalah memilih password. Password atau kata sandi ini minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa ya Sob! Samakan isian kolom atas dengan bawah.
  16. Klik “next”
  17. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi, jika Sobat ingin mengisinya kemudian klik “next” jika tidak Anda klik “skip”
  18. Akan muncul kotak “Privacy and Terms”
  19. Klik “I Agree”
  20. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Klik “Next”
  21. Kemudian muncul pilihan pembayaran. Sobat bisa melewatinya dengan pilih “No Thanks”, lalu klik “Next”
  22. Aplikasi akan memproses. Setelah itu Sobat akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa Sobat sudah memiliki akun Gmail baru.

Mudah bukan cara membuat email baru diatas? semoga bisa diikuti ya. Dan tentu saja jika Sobat sudah memiliki email dari google (gmail) ini, maka Sobat bisa mengakses berbagai aplikasi google seperti youtube, google foto, google contact dll.

Selamat mencoba Sob!!

Loading...