pengertian email

Pengertian Email, Sejarah, Manfaat dan Kegunaan, Cara Kerja dan Jenis Email

Apa itu email? mungkin kita sudah tidak asing dengan kata email. Saat ini email menjadi sesuatu kebutuhan untuk menunjang kebutuhan pribadi maupun pekerjaan. Bahkan ada juga yang mempelajari secara khusus cara-cara email marketing.

Namun sebelum kita membahas hal yang lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui hal dasar mengenai email ini. Seputar pengertian email, apa pengertian email itu?, fungsi email, cara kerja email dan jenis-jenis email.

Pengertian Email

Email atau e-mail merupakan kependekan dari “electronic email” yang berarti pesan elektronik. Jadi pengertian email jika dijabarkan sebagai berikut :

Email adalah informasi yang disimpan di komputer yang dipertukarkan antara dua pengguna melalui telekomunikasi. Lebih jelasnya, e-mail adalah pesan yang bisa berisi teks, file, gambar, atau lampiran lain yang dikirim melalui jaringan ke individu atau kelompok individu tertentu.

Sejarah Email

Email ditemukan oleh seorang insinyur bernama Ray Tomlinson, pada tahun 1971. Pada awalnya Ray ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun.

Baca Juga : Cara Membuat Email Baru

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray untuk dirinya sendiri, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.

Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois. Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.

Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser

Manfaat dan Kegunaan Email

Setelah kita mengetahui pengertian email dan arti dari email serta sejarah email, kita juga harus tahu apa manfaat email. Email memiliki beberapa manfaat yang berkaitan dengan perpesanan antara lain :

  • Mengirim dan Menerima Pesan beserta lampiran pesan
    Dengan e-mail, kita bisa mengirimkan atau menerima pesan kepada seseorang atau beberapa orang (grup) dalam satu waktu. Selain itu email juga bermanfaat untuk mengirimkan attachment atau lampiran yang berupa file digital bisa berupa dokumen maupun file multimedia (video, audio).
  • Sebagai identitas diri didunia maya
    Email selain bermanfaat untuk mengirimkan pesan serta lampiran dokumen, juga berguna sebagai identitas kita di dunia maya. Sehingga dengan alamat email yang valid, orang lain bisa mengirimkan pesan kepada kita dalam satu waktu ketika pengirim dan penerima email terhubung kedalam jaringan
  • Mendaftar di Berbagai Situs
    Karena berfungsi sebagai identitas diri, maka dengan sebuah e-mail kita juga bisa mendaftarkan diri di berbagai situs. Misalkan saja situs facebook, kita bisa mendaftar dengan menggunakan akun email.
  • Sebagai Media Pemasaran
    Karena email ibaratkan alamat yang terhubung kepada seseorang, maka seseorang bisa memanfaatkan email untuk mengirimkan berbagai penawaran barang maupun jasa kepada pemilik email. Oleh karena itu maka email juga berfungsi sebagai media pemasaran secara online, dan saat ini kita mengenal istilah e-mail marketing.

Cara Kerja Email

Cara kerja email ini cukup sederhana, dapat diilustrasikan sebagai berikut :

  • Pengirim membuat pesan menggunakan “email client” di komputer mereka.
  • Ketika pengguna mengirim pesan, teks email dan lampiran diunggah ke server SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) sebagai surat keluar.
  • Semua pesan keluar menunggu dalam antrian surat keluar sementara server SMTP berkomunikasi dengan DNS (Domain Name Serverseperti buku telepon untuk nama domain dan alamat IP server) untuk mencari tahu di mana server email penerima berada.
  • Jika server SMTP menemukan server email penerima, maka pesan dan lampiran segera ditransfer. Namun, jika server penerima tidak dapat ditemukan, pengirim email akan mendapatkan notifikasi “Kegagalan Email” di kotak masuk mereka.
  • Selanjutnya, ketika penerima email membuka email client mereka, maka secara otomatis akan mengunduh semua pesan baru dari server email. Dan penerima bisa melihat isi pesan yang kita kirimkan beserta lampirannya.
cara kerja email

Jenis Email

Pada dasarnya ada 2 jenis email yang ada pada saat ini, yaitu :

  • Web based e-mail
    Adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut. Layanan web base e-mail dapat digunakan dikomputer manapun tanpa harus melakukan setting disisi email client.
  • POP (Post Office Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil pesan dari mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3.
    POP3 mengambil e-mail dari server dengan satu kali koneksi. Artinya pada saat kita ingin membaca e-mail maka kita harus melakukan proses sinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua e-mail akan ditarik ke komputer lokal pada saat terjadi koneksi internet ke server. Jenis email ini kita hanya bisa membuka email pada komputer tertentu yang sudah ada aplikasi email client nya.

Pada kenyataannya semua email yang ada dapat difungsikan sebagai web base email atau pop mail. Misalnya jika kita menggunakan gmail, maka kita dapat mengirim dan menerima pesan melalui web browser dengan membuka alamat url gmail.com, namun kita juga bisa memasang email client seperti thunderbirds, Microsoft Outlook, atau DreamMail di komputer kita.

Aturan Agar Alamat Email Valid

Seperti yang disebutkan sebelumnya, email harus memiliki nama pengguna (user name) diikuti oleh @ (tanda pada) yang diikuti oleh nama domain dengan akhiran domain. Contohnya : dzakiyramadhan@gmail.com. dzakiyramadhan adalah user name, dan gmail.com adalah domain.

Agar Sobat sukses membuat email baru, Sobat harus memperhatikan beberapa aturan dibawah ini :

  • Nama pengguna tidak boleh lebih dari 64 karakter, dan nama domain tidak boleh lebih dari 254 karakter.
  • Seharusnya hanya ada satu tanda @ dalam alamat email.
  • Karakter khusus: (),:; <> \ [ ] diizinkan. Kadang-kadang, spasi, garis miring terbalik, dan tanda kutip berfungsi tetapi harus didahului dengan garis miring ke depan. Meskipun valid, beberapa penyedia email tidak mengizinkan karakter ini.
  • Nama pengguna dan alamat email secara keseluruhan tidak dapat dimulai atau diakhiri dengan tanda titik.

Demikian Sahabat, informasi mengenai Pengertian email, sejarah, manfaat dan kegunaan email, cara kerja email dan jenis email. Semoga bermanfaat

Loading...