Makna Shalat Menurut Etimologi & Terminologi

Makna Shalat Menurut Etimologi & Terminologi

Makna Shalat Menurut Etimologi dan Terminologi | Kangdede.web.id – Shalat merupakan ibadah yang telah diwajibkan oleh Allah Sang Maha Pencipta, kepada umat manusia yang penyampaian kewajiban ini dilakukan saat peristiwa Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

Shalat yang kita lakukan sehari-hari terdiri dari shalat wajib dan shalat sunnah merupakan ibadah yang diperintahkan kepada manusia dengan tata cara shalat yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah. Dalam shalat ini terkadung makna yang dapat kita gali untuk mendapatkan nilai serta tujuan dari shalat itu sendiri.

Pada kesempatan ini kita akan mengenal makna shalat. Sebenarnya apa makna shalat yang kita lakukan sehari-hari? Kali ini kita akan mengenal makna shalat berdasarkan etimologi.

Apakah Etimologi Itu?

Sebelum kita lanjut kepada pembahasan mengenai makna shalat menurut etimologi, kita akan mencari terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud etimologi.

Dikutip dari situ wikipedia Indonesia, yang dimaksud dengan etimologi adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari asal-usul suatu kata. Etimologi dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Belanda etymologie yang berakar dari bahasa Yunani; étymos (arti sebenarnya adalah sebuah kata) dan lògos (ilmu). Pendeknya, kata etimologi itu sendiri datang dari bahasa Yunani ήτυμος (étymos, arti kata) dan λόγος (lógos, ilmu).

Jadi apabila kita ingin mengetahui apa itu makna shalat berdasarkan etimologi berarti kita sedang membedah makna yang terkadung didalam shalat berdasarkan bahasa atau asal-usul kata nya.

Makna Shalat Menurut Etimologi

Jadi apakah makna atau pengertian shalat berdasarkan etimologi ini? Mari kita coba ambil beberapa dasar Alqur’an dan Hadis yang menyatakan makna shalat ini.

Makna Shalat adalah Do’a

Shalat (صَلِّ ) menurut etimologi atau bahasa berarti Doa. Hal ini dapat kita temui dalam ayat Alqur’an dan juga hadis nabi.

Berdasarkan Alqur’an

Makna atau arti shalat yang merupakan do’a dapat kita ketahui dari Firman Allah Subhanahu Wata’Ala dalam surat At-Taubah ayat 103 sebagai berikut :

Artinya : Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

arti shalat menurut etimologi dan terminologi
Arti shalat menurut etimologi dan terminologi

Berdasarkan Hadis Nabi

Makna atau arti shalat berdasarkan etimologi adalah do’a, juga dapat kita temui didalam hadis riwayat Muslim Nomor 1431, sebagai berikut :

إِذَا دُعِىَ أَحَدُكُمْ فَلْيُجِبْ فَإِنْ كَانَ صَائِمًا فَلْيُصَلِّ وَإِنْ كَانَ مُفْطِرًا فَلْيَطْعَمْ

“Jika salah seorang di antara kalian diundang makan, maka penuhilah undangan tersebut. Jika dalam keadaan berpuasa, maka do’akanlah orang yang mengundangmu. Jika dalam keadaan tidak berpuasa, santaplah makanannya.”

Jika kita mencermati kandungan di dalam shalat, niscaya kita dapatkan kesesuaian pengertian shalat secara etimologi dimana shalat diartikan dengan doa. Pada kenyataanya seseorang yang shalat berdoa kepada Allah. Lafal-lafal yang diucapkan di dalam shalat berisi doa dan pujian kepada Allah.

Shalat Menurut Terminologi syar’i

Shalat ialah segala perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan bacaan takbir “Allahu Akbar” dan diakhiri dengan bacaan salam “Assalamu’alaikum”.

Terminologi (bahasa Latin: terminus) atau peristilahan adalah ilmu tentang istilah dan penggunaannya. Istilah (bahasa Arab: اصطلاح‎, iṣṭilāḥ) adalah kata dan gabungan kata yang digunakan dalam konteks tertentu. Kajian terminologi antara lain mencakup pembentukannya serta kaitan istilah dengan suatu budaya. Ahli dalam terminologi disebut dengan juru istilah “terminologist” dan kadang merupakan bagian dari bidang penerjemahan.

Jadi arti shalat menurut terminologi (istilah) syar’i adalah “ibadah dengan perkataan – perkataan dan perbuatan-perbuatan tertentu, diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam

Kesimpulan

Arti Shalat berdasarkan etimologi adalah “Do’a” sedangkan menurut etimologi shalat adalah ibadah dengan perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan tertentu yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Demikian Sobat Kangdede, makna Shalat berdasarkan etimologi atau bahasa Pengertian shalat berdasarkan terminologi syar’i. Semoga bermanfaat.

Loading...