Tutorial Qgis

Cara Membuat Waypoint di Qgis dari Excel

Cara Membuat Waypoint di Qgis dari Excel | Kangdede.web.id – Salah satu fasilitas yang ada di Qgis adalah melakukan import data dari excel yang kemudian bisa kita tampilkan sebagai layer point.

Mungkin ada kalanya kita mendapatkan data titik koordinat yang dituliskan didalam file excel, lalu kita ingin menampilkan titik – titik koordinat tersebut didalam qgis sehingga dapat kita olah lebih lanjut.

Untuk melakukan hal tersebut diatas, yaitu membuat waypoint di Qgis dari Excel sangat mudah Sobat. Kita cukup menggunakan plugin xyToPoint.

Install Plugin xyToPoint

Untuk memasang plugin xyToPoint, Sobat bisa langsung klik menu Plugin – Manage and install plugins. Kemudian setelah muncul kotak dialog plugins kita cari plugin xyToPoint dengan mengetikkan keyword xy di menu pencarian.

Setelah muncul plugin xyToPoint, kita centang kemudian klik install

Install Plugin xyToPoint

Membuat Waypoint dari Excel

Langkah selanjutnya ketika plugin xyToPoint sudah terinstall adalah mempersiapkan file excel yang ada data titik koordinatnya. Misalkan data excel yang kita punya terdiri dari data code, lalu koordinat x dan koordinat y seperti contoh berikut :

data koordinat di excel

Kita buka file excel tersebut kedalam layer qgis, dengan cara diklik 2x hingga muncul kotak layers didalam aplikasi qgis.

Langkah selanjutnya kita klik menu vactor – Create point Layer from XY Attribute values – Create Point Layer from XY Attribute Values

menu xyToPoint di QGIS

Setelah itu akan muncul kotak dialog xyToPoint

Pastikan kolom inputtable or layer berisi file excel yang sudah dibuka dilayers

Column with x dan y coordinat kita setting ke kolom yang berisi data koordinat yang akan ditampilkan. Layername

Define CRS kita sesuaikan dengan proyeksi yang kita gunakan. Langkah terakhir adalah kita klik Create Point Layer, jika muncul kotak dialog Coordinat Reference System Selector kita sesuaikan saja dengan sistem koordinat yang akan kita pakai. Setelah itu akan muncul layer baru dengan tampilan waypoint seperti gambar dibawah ini

Cara Membuat Waypoint di Qgis dari Excel

Demikian Sobat, Cara Membuat Waypoint di Qgis dari Excel sangat mudah bukan? Semoga bermanfaat. Jika artikel ini bermanfaat boleh dishare ya…

Loading...