Waktu-Waktu Shalat Wajib

Waktu-Waktu Shalat Wajib

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ  – Pada kesempatan lalu kita sudah mengetahui beberapa syarat sah shalat yang salah satunya adalah telah masuk waktu shalat. Banyak umat muslim pasti sudah mengenal semua waktu shalat wajib yang terdiri dari Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya. Tapi kapan waktu dimulainya dan kapan berakhirnya waktu shalat tersebut belum tentu semuanya memahami nya.

Atas alasan tersebut diatas, Kangdede dikesempatan ini berbagi mengenai waktu-waktu shalat dan bagaimana mengetahui ciri atau tanda-tanda masuknya suatu waktu shalat.

Waktu Shalat Subuh (Fajar)

Waktu shalat Fajar (subuh) adalah dari terbitnya fajar, yaitu ketika fajar nampak jelas, hingga terbitnya matahari.

Sepanjang malam, ufuk terlihat gelap, lalu ketika matahari sudah mendekat diufuk timur, maka cahaya matahari akan tampak. Ketika cahaya matahari mulai tampak membentang di ufuk dari utara ke selatan, maka inilah pertanda waktu shalat fajar sudah masuk.

Adapun durasi waktu antara terbitnya fajar hingga terbitnya matahari berkisar antara satu seperempat jam dan satu setengah jam sesuai perbedaan musim. 

Waktu Shalat Dzuhur

Waktu shalat dzuhur ini dimulai dari sejak matahari tergelincir ke barat hingga bayangan suatu benda menjadi sama dengannya.

Ketika sobat menancapkan suatu benda misalkan tongkat, maka benda tersebut akan memiliki bayangan ketika matahari terbit dari ufuk timur. Semakin lama bayangan tersebut akan semakin pendek dan bayangan tersebut hilang pada saat tengah hari. Dan saat matahari tergelincir kearah barat, tongkat tersebut kembali akan memiliki bayangan. Itulah tanda masuknya waktu dzuhur, hingga bayangan itu terus memanjang. Ketika bayangan tongkat sudah sama panjang dengan tongkatnya, maka waktu dzuhur telah habis.

Waktu Shalat Ashar.

Waktu shalat ashar adalah sejak habisnya waktu dzuhur hingga berakhir ketika matahari mulai menguning. Kondisi menguningnya matahari ini akan berbeda – beda tergantung musim.  Matahari kadang menguning satu jam atau kurang sebelum terbenam sesuai waktu yang ada.

Waktu Shalat Maghrib

Waktu shalat magrib adalah sejak matahari terbenam hingga terbenamnya cahaya merah. Hal ini berdasarkan sabda nabi : وَوَقْتُ صَلاَةِ الْمَغْرِبِ مَا لَمْ يَغِبِ الشَّفَقُ

Waktu shalat Maghrib adalah selama cahaya merah (saat matahari tenggelam) belum hilang.” (HR. Muslim no. 612)

Waktu Shalat Isya

Waktu shalat isya adalah terhitung sejak cahaya merah terbenam hingga tengah malam. Cara untuk menentukan tengah malam adalah dengan memperhatikan rentang waktu antara terbenamnya matahari hingga terbitnya fajar, lalu setelah itu, kita kurangin setengahnya. Inilah yang disebut dengan pertengahan malam.

Demikian Sahabat muslim, waktu-waktu shalat wajib yang harus kita ketahui bersama. Semoga bermanfaat.. 

Loading...