Cara Paling Mudah Install Debian (DEB) di EOS

Cara Paling Mudah Install Debian (DEB) di EOS

Biasanya kita pengguna linux akan sedikit repot apabila ingin menginstall sebuah aplikasi yang kita download (tidak berasal dari repository resmi), karena kita harus menyesuaikan dependensi yang diminta oleh aplikasi tersebut.
Misalnya jika kita menginstallkan aplikasi seperti google chrome atau google earth yang kita donwload, maka aplikasi tersebut tidak akan langsung berjalan setelah kita install menggunakan perintah dpkg -i di terminal linux.
Jadi ceritanya, cara yang kangdede lakukan adalah dengan menggunakan perintah dasar (command line) di terminal untuk menginstall sebuah aplikasi debian. Contohnya jika kita mau install chrome.deb maka perintah nya adalah :

sudo dpkg -i chrome.deb

Lalu, untuk memenuhi ketergantungan paket, kangdede ketikan perintah lagi :

sudo apt install -f

Baru setelah semua ketergantungan paket chrome terinstall maka google chrome bisa dijalankan.

Tapi ternyata ada sebuah aplikasi yang bisa membantu Sobat pengguna EOS (Elementary Operating System) untuk menginstall file deb ini dengan sekali klik saja.

Namanya adalah EDDY. Sobat bisa install di AppCenter

Penggunaannya sangat mudah Sobat, kita tinggal klik saja file .deb yang sudah didownload. Lalu akan muncul aplikasi eddy ini. Kita tinggal klik install pada pilihan aplikasi yang akan muncul di eddy, lalu masukkan password root kita. Maka Eddy akan bekerja untuk menginstall aplikasi tersebut beserta paket lain yang dibutuhkan.

Jadi kesimpulannya Eddy ini adalah cara paling mudah untuk menginstall aplikasi debiang (deb) di Linux, khususnya Elementary OS.

Selamat mencoba ya Sobat..

Loading...