review Ubuntu 20.04

Review Ubuntu 20.04 Beta

Review Ubuntu 20.04 Beta | Kangdede.web.id – Bulan April merupakan bulan yang dinantikan oleh pengguna linux khususnya Distro Ubuntu yang merupakan distro besar.

Tidak terkecuali dengan Kangdede yang saat ini menggunakan elementary os, sangat penasaran dengan kelebihan Ubuntu 20.04 yang rencananya akan di rilis pada tanggal 23 April 2020.

Namun karena sudah tidak sabar ingin mencicipi hal-hal baru pada distro linux dengan nama lain “Focal Fossa” ini, maka ketika pengembang Ubuntu menyediakan image Ubuntu 20.04 Beta untuk dijajal oleh para tester diseluruh dunia, maka Kangdedepun mengunduh dan langsung MENGINSTALL pada laptop Lenovo Ideapad 320.

Apa yang baru di Ubuntu 20.04?

Jika ditilik dari web wiki.ubuntu.com, Focal Fossa memiliki segudang “new feature” yang garis besarnya adalah sebagai berikut :

  • Ubuntu 20.04 menggunakan kernel 5.4.0-21 generik, serta menggunakan teknologi lz4 sebagai default compression pada initramfs yang dapat meningkatkan kecepatan pada saat booting.
  • Upgrade toolchain : libc 2.31, ☕ OpenJDK 11, rustc 1.41, GCC 9.3, 🐍 Python 3.8.2, 💎 ruby 2.7.0, php 7.4, 🐪 perl 5.30, golang 1.13
  • Grapical Boot baru dimana pada saat booting akan menyertakan logo BIOS. Jadi logo laptop akan muncul pada saat bios diatas logo Ubuntu.
  • Tema GTK Yaru baru, dimana terdapat 3 pilihan tema yaitu tema standar, light dan dark.
  • Menggunakan DE Gnome 3.36 yang merupakan rilis terbaru dari gnome. Perlu Sobat ketahui bahwa pada gnome 3.36 ini terdapat perubahan yang sangat signifikan antara lain new lock screen baru, new system menu desain, dan terutama performance dan kecepatan yang semakin mantap
  • Selain itu Ubuntu 20.04 juga sudah menyertakan beberapa software terbaru antara lain menggunakan snap store yang menggantikan ubuntu software sebagai default Ubuntu Software store. Firefox 74, Libreoffice 6.4 dan thunderbird 68.6

Review Ubuntu 20.04 Focal Fossa

Nah sekarang Kangdede ingin mengulas sedikit mengenai Ubuntu 20.04 ini, terutama hal-hal baru yang Kangdede temukan pada saat menginstal langsung Focal Fossa pada laptop Lenovo Ideapad 320.

New Boot Logo

Yang pertama terlihat pada saat mencicipi Ubuntu 20.04 ini tentu pada saat booting pertamakali, dimana ada sesuatu yang baru yaitu munculnya logo Lenovo diatas animasi boot yang berbentuk bulat dan logo Ubuntu dibawahnya.

Lock Screen

Lock Screen Gnome 3.36 pada Ubuntu 20.04 lebih simple dibandingkan versi gnome sebelumnya. Pada versi kali ini, kita cukup menekan enter atau mengklik mouse untuk menampilkan lockscreen login. Hal ini lebih simple dari pada harus mendrag, klik dan slide ke atas layar untuk memunculkan menu login pada lockscreen.

Tema Ubuntu Baru

Pada Ubuntu 20.04, ada perubahan drastis pada tema yaru. Dimana terdapat 3 pilihan tema yaitu standar, light dan dark. Tema GTK tersebut juga diikuti dengan tema icon yang fresh juga Sob.

tema yaru baru pada Ubuntu 20.04
icon baru pada Ubuntu 20.04

Peningkatan Kecapatan

Pada saat ini Kangdede berpandangan bahwa distribusi linux yang paling stabil yang pernah kangdede coba adalah versi Ubuntu 18.04 termasuk turunannya. Turunan ubuntu 18.04 yang ‘terpakai’ oleh Kangdede tentu saja Elementary Os Juno yang sudah upgrade ke Hera. Selain itu Linux Mint 19 juga menjadi salah satu distribusi terbaik versi Kangdede.

Tapi ketika mencicipi Ubuntu 20.04 Beta ini, kangdede rasa sudah cukup stabil, cepat dan tidak sering terjadi leg / error. Dan sepertinya jika sudah dirilis, Kangdede bisa mempertimbangkan Ubuntu 20.04 ini menggantikan elementary os maupun linux mint yang sudah kangdede pakai pada pc di kantor maupun pribadi.

Pertimbangan lain selain kecepatan yang mantap adalah karena versi ini merupakan versi Ubuntu Long Time Support (LTS) yang tentu akan banyak dukungan pembaharuan dan support dari pengembang maupun komunitas ubuntu sampai dengan tahun 2030.

Menyertakan Software Terbaru

Seperti yang dicantumkan didalam release note Ubuntu, bahwa pada versi Ubuntu 20.04 akan disertakan software-software terbaru. Hal ini terbukti dengan disertakannya beberapa software yang terbaru antara lain libreoffice 6.4, firefox 74 dan thunderbird 68.6. Selain itu yang Kangdede sukai pada Focal Fossa ini adalah aplikasi Qgis yang sangat sering dan menjadi andalan pada pekerjaan Kangdede sudah menggunakan Qgis 3.10 LTR (Long Term Release), walaupun bukan versi terbaru tapi merupakan versi yang stabil. Hal ini lebih baik dari elementary os maupun linux mint yang masih menyertakan qgis 2.18.

Baca Juga : Tutorial Qgis

Wallpaper Baru

Ubuntu Focal Fossa menggunakan Wallpaper baru yang tentu saja bertemakan salah satu frasa code Ubuntu 20.04 yaitu Fossa yang merupakan nama hewan karnivora seperti kucing yang hidup di Madagaskar.

wallpaper baru ubuntu 20.04

Wallpapernya keren sih Guys.. but Kangdede lebih suka wallpaper yang temanya natural gitu, jadi sepertinya akan kangdede ganti dengan wallpaper lain.. 😀

Download Ubuntu 20.04

Untuk Sobat yang ingin mendownload Ubuntu 20.04 Focal Fossa, bisa mengunjungi halaman ini.

Sepertinya baru itu review yang Kangdede bisa tulis. Maklum baru 2 hari saja pakai Ubuntu 20.04 ini. Barangkali nanti sudah dirilis versi final, Kangdede bisa mendapatkan hal baru lain yang perlu Kangdede sampaikan, insyaa allah Kangdede akan update tulisan ini.

Loading...