KakadoOnline Shop Tokopedia

5 Alasan Mengapa Kita Harus Shalat?

Shalat merupakan salah satu ibadah yang telah diwajibkan oleh Allah Azza wa Jalla melalui Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam. Perintah untuk mendirikan shalat didalam Alqur’an sendiri bisa kita temui di beberapa ayat antara lain QS Taha ayat 14 : “Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.”

Demikian pula didalam QS Ibrahim ayat 14 : “Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: “Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada bari itu tidak ada jual beli dan persahabatan.”.

Perintah untuk mendirikan shalat ini sangat banyak ditemukan didalam Alqur’an, dan sebagai orang yang beriman sudah tentu kita harus mampu menjalankan perintah shalat tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan.

Kami merangkum 5 alasan mengapa kita harus shalat, yang bisa menjadi pertimbangan sahabat untuk terus menjalankan kewajiban shalat.

Dibawah ini 5 alasan dasar kenapa kita harus shalat :

Shalat merupakan salah satu rukun islam yang paling penting dan amalan yang pertama kali akan dihisab

Alasan pertama mengapa kita harus shalat adalah karena Shalat merupakan salah satu rukun islam. Bahkan berada pada posisi kedua setelah dua kalimat syahadat yang merupakan kesaksian bahwa tiada illah yang berhak diibadahi selain Allah, dan pengakuan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. 

Hal ini menunjukan bahwa setelah kita Islam (menyatakan dengan mengucapkan kalimah syahadat), kewajiban yang pertama harus dilaksanakan adalah shalat. Dan Shalat ini merupakan amalan yang pertamakali akan dihisab.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya. (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits tersebut hasan.) [HR. Tirmidzi, no. 413 dan An-Nasa’i, no. 466. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.]

Shalat adalah tiang agama.

Hal ini sebagaimana Sabda Nabi Muhammad :”Inti segala urusan adalah Islam, tiangnya adalah Shalat dan puncaknya adalah jihad” (HR At-Turmudzi No 2616)

Sebagai pernyataan perwujudan kesadaran dari yang tercipta (manusia) kepada Sang Maha Pencipta (Allah Subhanahuwata’ala, Al Khalik).

Kita sebagai manusia harus menyadari untuk apa kita diciptakan oleh Allah Subhanahuwata’ala. Sebagaimana Firman Allah Subhanahuwata’ala : “tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembahKu“(Adz Dzariyat ayat 56)

Sebagai perwujudan rasa syukur atas begitu banyak kenikmatan, kesenangan dan kebahagiaan yang Allah anugerahkan kepada manusia.

Anugrah yang diberikan kepada kita tersebut merupakan implikasi dari sifat-sifat Allah yang Maha Pemurah, Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Penyantun. Dan sudah menjadi fitrah semua mahluk termasuk manusia untuk bersyukur ata semua yang diberikan-Nya. Allah Subhanahuwata’ala berfirman :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ yang artinya “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS Ibrahim ayat 7). 

Sebagai sarana untuk berdo’a, meminta ampunan atas segala dosa-dosa yang kita perbuat.

Memohon pertolongan kepada Allah Subhanahuwata’ala serta sebagai salah satu upaya agar kita terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Sebagaimana firman Allah didalam surat Al-Ankabut 45 : إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ yang artinya : “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar

Demikian sahabat, setidaknya ada 5 alasan mengapa kita harus shalat. Pada pembahasan selanjutnya, kita akan mengetahui keutamaan dan manfaat shalat.

Loading...
Loading...
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE