KakadoOnline Shop Tokopedia

Hikmah Mengangkat Kedua Tangan Disaat Takbiratul Ihram

Kita sudah mengetahui tata cara takbiratul ihram dimana pada saat takbiratul ihram tersebut kita mengangkat kedua tangan sambil mengucapkan “Allahu akbar“. Lalu mengapa kita harus mengangkat kedua tangan tersebut pada saat takbiratul ihram?

Sebagai seorang muslim ada baiknya kita mengetahui hikmah mengangkat kedua tangan disaat takbiratul ihram ini. Karena dengan kita memahami hikmah sebuah ibadah akan muncul di hati seorang hamba keindahan Islam melalui ibadah yang dilakukannya, sehingga diharapkan semakin besarlah kecintaan hatinya terhadap ibadah tersebut, riang hati ketika melakukannya, menunggu-nunggu datangnya waktu ibadah itu lagi serta terdorong untuk menunaikannya dengan sebaik-baiknya.

Hikmah Mengangkat Kedua Tangan Disaat Takbiratul Ihram

Diantara hikmah mengangkat kedua tangan ketika takbiratul ihram adalah :

  • Syaikh Muhammad Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah ketika menjawab pertanyaan, “Jika ada orang yang bertanya apa hikmah dari gerakan mengangkat kedua tangan (dalam shalat)? maka jawabannya adalah hikmah dalam gerakan tersebut adalah mengikuti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam”.
  • Selain itu menurut Syaikh Muhammad Shalih Al-Utsaimin rahimahullah, hikmah dalam gerakan mengangkat kedua tangan adalah mengagungkan Allah ‘Azza wa Jalla, sehingga terkumpul pengagungan dengan ucapan (takbiratul ihram) dan pengagungan dengan perbuatan (pengangkatan dua tangan) sekaligus, serta bentuk ibadah kepada Allah dengan keduanya
  • Selanjutnya, sebagian ulama menjelaskan bahwa mengangkat kedua tangan saat takbiratul ihram mengisyaratkan mengangkat hijab penghalang antara kita dengan Allah sehingga kita menghadirkan hati, dan kita dapat membayangkan tengah berdiri di hadapan Allah untuk bermunajat kepada-Nya, bermunjat kepada Rabb selayaknya seseorang yang berbicara langsung kepada lawan bicaranya.
  • Sebagian ulama lain juga menyatakan bahwa salah satu hikmah mengangkat kedua tangan saat takbiratul ihram adalah bahwa gerakan itu termasuk perhiasan shalat, karena manusia jika berdiri dan bertakbir tanpa bergerak, maka tidaklah mencerminkan keindahan yang sempurna.

Demikian Sahabat muslim, hikmah mengangkat kedua tangan disaat takbiratul ihram. Semoga bermanfaat.

Loading...
Loading...
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE