cara install elementary tweaks

Cara Install Elementary Tweaks

Cara Install Elementary Tweak | Kangdede.web.id – Elementary Os adalah salah satu distribusi (baca : distro) linux yang cukup populer di Indonesia. Pengguna Elementary Os ini cukup banyak, sehingga ada beberapa forum / grup pengguna elementary Os di internet maupun grup telegram.

Elementary OS merupakan sebuah distro linux berbasiskan Ubuntu. Versi terakhir pada saat Kangdede menulis artikel ini adalah Elementary Os 5.1.2 Hera yang berbasiskan Ubuntu Bionic (18.04). Distro ini menggunakan desktop manager-nya sendiri yang bernama Pantheon dan menyertakan juga beberapa aplikasi khusus dari elementary os seperti Music, Video, AppCenter, Code, Files dll.

Kelebihan Elementary Os

Salah satu kelebihan elementary Os yang menjadikan distro linux ini menempati urutan ke 6 dalam 12 bulan kebelakang versi distrowatch adalah karena tampilannya yang indah dan mirip dengan Mac Os.

Selain itu karena berbasiskan Ubuntu 18.04 LTS (Long Term Support), maka wajar saja jika distro yang satu ini sangat stabil. Mudah digunakan, aplikasi bawaannya cukup bagus dan nyaman digunakan.

Elementary Tweaks

Walaupun secara garis besar elementary os sudah cukup nyaman dan indah digunakan, namun tetap saja dimata pengguna yang cerdas dan selalu ingin rasa yang berbeda seperti penulis, harus ada aplikasi yang dapat memodifikasi baik secara tampilan dan atau bahkan aplikasi yang digunakan.

Ketika kita install elementary os di pc, kita tidak bisa merubah tampilan standar elementary os ini. Jadi ada aplikasi yang khusus untuk memodifikasinya. Namanya adalah elementary tweaks. Hal ini juga bisa kita temukan di distro linux ubuntu yang menggunakan unity tweaks dan gnome tweak.

Sayangnya elementary tweak tidak bisa kita install pada AppCenter secara langsung. Diperlukan suber repository pihak ketiga yaitu PPA (Personal Package Archive). Lalu bagaimana detilnya cara install elementary tweaks ini? Simak tipsnya dibawah ini

Cara Install Elementary Tweaks

Seperti yang sudah disinggung diatas, untuk menginstall elementary tweaks, Sobat perlu menambah sumber repository (sumber perangkat lunak) dari PPA. Langsung saja begini cara Install Elementary Tweaks di elementary os :

Menambahkan Sumber Repository PPA Elementary Tweaks

Karena dasarnya PPA ini tidak bisa diinstall pada elementary, maka kita perlu mempersiapkan os ini untuk bisa menerima sumber repository dari PPA. Caranya dengan menginstall perangkat lunak software-properties-common

Buka terminal, lalu ketik / copy paste perintah dibawah ini :

sudo apt-get install software-properties-common

Setelah itu pencet enter dan masukan password admin Sobat. Maka proses instalasipun berlangsung.

Menginstall Elementary Tweaks

Setelah proses diatas selesai, jangan tutup dulu jendela terminal. Langsung saja Sobat masukkan ppa elementary tweaks ke database repository elementary os dengan cara mengetikan perintah dibawah ini :

sudo add-apt-repository ppa:philip.scott/elementary-tweaks

sudo apt-get update

sudo apt-get install elementary-tweaks

Cara Menggunakan Elementary Tweaks

Setelah elementary tweaks terinstall di elementary os Sobat, maka kita bisa langsung menggunakannya untuk memodifikasi tampilan elementary os. Tapi jangan mencari aplikasi ini dari menu aplikasi ya.. 🙂 dijamin ga akan ketemu.

Elementary Tweaks akan muncul pada System Setting Sobat, tepatnya dibawah tab pengaturan Personal dengan nama Tweaks

Cara Install Elementary Tweaks

Setelah ketemu, Sobat bisa mengklik icon menu Tweaks dan kita tinggal menyesuaikan pengaturan tema / tampilan elementary os ini pada tab Apperance.

Nah mudah kan Sobat? silahkan menjelajahi apa saja yang bisa diatur pada aplikasi elementary tweaks ini. Tapi sebelumnya Sobat harus menginstall atau mengunduh dulu beberapa tema GTK dari AppCenter atau situs gnomelook atau pling.com

Loading...