Kenali Tipu Daya Setan Menyesatkan Manusia

Tidak ada komentar 1138 views

Tipu Daya Setan Menyesatkan Manusia | Kangdede – Pada kesempatan pertama Kangdede berbagi artikel mengenai asal mula Setan yang membahas mengenai penciptaan setan atau iblis atau jin. Seperti yang dijanjikan pada artikel tersebut, bahwa Kangdede akan melanjutkan artikel tersebut yang akan mengupas tipu daya setan untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah Subhanahu Wata’ala.

Dengan mengenal Asal Usul Setan dan Tipu Daya Setan untuk menyesatkan manusia ini, diharapkan kita bisa berhati-hati dan bisa lolos dari bujuk rayu setan. Allah Subhanahu Wata’Ala berkali-kali telah berfirman yang dapat kita temukan didalam Alqur’an, bahwa Syetan adalah merupakan musuh yang yyata bagi kita :

إِنَّ الشَّيْطَانَ لِلإِنسَانِ عَدُوٌّ مُّبِينٌ -٥-

“Sungguh, setan itu musuh yang jelas bagi manusia.”
(Yusuf 5)

إِنَّ الشَّيْطَانَ كَانَ لِلإِنْسَانِ عَدُوّاً مُّبِيناً -٥٣-

“Sungguh, setan adalah musuh yang nyata bagi manusia.”
(Al-Isra’ 53)

إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوّاً -٦-

“Sungguh, setan itu musuh bagimu, maka perlakukanlah ia sebagai musuh.”
(Fathir 6)

أَلَمْ أَعْهَدْ إِلَيْكُمْ يَا بَنِي آدَمَ أَن لَّا تَعْبُدُوا الشَّيْطَانَ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ -٦٠-

“Bukankah Aku telah Memerintahkan kepadamu wahai anak cucu Adam agar kamu tidak menyembah setan? Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagi kamu”
(Yasin 60)

Kita manusia dibekali hasrat dan syahwat yang mendorongnya untuk meraih segala manfaat, dianugerahi amarah untuk meng-counter segala yang menyakiti, dan dikarunia akal yang mendidiknya ibarat guru, memerintah manusia secara adil apa yang perlu dilakukan dan apa yang harus dijauhi.
Sedangkan Setan telah memroklamirkan dirinya untuk menggoda manusia secara totalitas dalam dua aspek tersebut (untuk melakukan apa yang mestinya ditinggal, dan meninggalkan apa yang mestinya dilakukan).

Oleh Karena itulah maka sudah menjadi suatu kewajiban  bagi orang yang berakal untuk mewaspadai sang musuh (syetan) yang telah memproklamirkan permusuhannya sejak zaman Adam  -Alaihissalam- . Syetan telah menyerahkan seluruh hidup dan jiwanya untuk menghancurkan sepak terjang anak cucu Adam.

Kenali Tipu Daya Setan Menyesatkan Manusia

tipu daya setan di dunia

Mengapa Setan ditetapkan sebagai musuh manusia? Berikut tipu daya setan yang harus kita ketahui sebagaimana telah dijelaskan didalam ayat-ayat Alqur’an :

 1. Tipu Daya Setan mengajak manusia untuk berbuat keji.

إِنَّمَا يَأْمُرُكُمْ بِالسُّوءِ وَالْفَحْشَاء وَأَن تَقُولُواْ عَلَى اللّهِ مَا لاَ تَعْلَمُونَ -١٦٩-

“Sesungguhnya (setan) itu hanya menyuruh kamu agar berbuat jahat dan keji, dan mengatakan apa yang tidak kamu ketahui tentang Allah.”
(Al-Baqarah 169)

   2. Tipu Daya Setan Menakut-nakuti manusia dengan kemiskinan.

Manusia paling takut dengan kemiskinan, melalui selah ini setan mengambil kesempatan untuk menakut-nakuti manusia agar dia menghalalkan segala cara untuk lepas dari kemiskinan. Dengan cara ini juga setan mengajak manusia untuk kikir dan menimbun hartanya.

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِالْفَحْشَاء -٢٦٨-

“Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir).”
(Al-Baqarah 268)

  

 3. Tipu Daya Setan Memberikan Janji palsu dan Angan-angan kosong.

يَعِدُهُمْ وَيُمَنِّيهِمْ وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطَانُ إِلاَّ غُرُوراً -١٢٠-

“(Setan itu) memberikan janji- janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu hanya menjanjikan tipuan belaka kepada mereka.”
(An-Nisa’ 120)

  

 4. Tipu Daya Setan Menciptakan kebencian dan permusuhan dan Menghalangi dari Mengingat Allah Subhnahu Wata’Ala

إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاء فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ اللّهِ وَعَنِ الصَّلاَةِ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ -٩١-

“Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan shalat maka tidakkah kamu mau berhenti?”
(Al-Ma’idah 91)

5 Tipu Daya Setan Menyesatkan Manusia dengan Kesesatan yang Sejauh-Jauhnya

أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ يَزْعُمُونَ أَنَّهُمْ آمَنُوا بِمَا أُنزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ يُرِيدُونَ أَن يَتَحَاكَمُوا إِلَى الطَّاغُوتِ وَقَدْ أُمِرُوا أَن يَكْفُرُوا بِهِ وَيُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَن يُضِلَّهُمْ ضَلَالًا بَعِيدًا [٤:٦

Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu? Mereka hendak berhakim kepada thaghut, padahal mereka telah diperintah mengingkari thaghut itu. Dan syaitan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya.”

Setelah kita mengetahui tipu daya setan, untuk selanjutnya kita harus mengetahui cara-cara setan menyesatkan manusia. Karena tentu saja setan memiliki banyak cara baik yang terang-terangan maupun tersembunyi / tersamarkan untuk menyesatkan anak cucu adam. Mudah-mudahan diberikan umur yang panjang, pada artikel selanjutnya Kangdede akan sharing mengenai cara setan menyesatkan manusia.

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: 

Blogger biasa yang berusaha untuk berbagi pengetahuan serta mengharapkan banyak income dari ngeblog.