Pengertian Website dan Jenis Website Yang Harus Sobat Ketahui

Tidak ada komentar 266 views

Pengertian Website dan Jenis Website Yang Harus Sobat Ketahui | Kangdede.web.id – Pada saat ini, ketika perkembangan perangkat seluler sudah sangat maju, ditunjang dengan kemudahan dan ketersediaan koneksi data, banyak sekali perusahaan, pebisnis, UKM yang memiliki sebuah media pemasaran berbentuk website.

Website tersebut memiliki beragam domain yang dapat diakses oleh pelanggan maupun calon pelanggan tanpa dibatasi oleh waktu dan lokasi.

Namun dari semua pengguna internet, saya yakin belum semuanya memahami seluk beluk website yang tersedia dijagad maya. Nah pada kesempatan ini, Kangdede ingin sekedar sharing mengenai pengertian website dan jenis-jenis website. Tentu saja perlu sobat ketahui sebagai penambah wawasan kita.

Pengertian Website

pengertian website

Website atau sering juga disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan halaman digital yang menampilkan berbagai macam informasi dari mulai teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

Pengertian website (halaman web) juga dapat kita kenali pengertiannya seperti yang ditampilkan pada situs wikipedia.org sebagai berikut :

Situs web (bahasa Inggris: website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW.

Meskipun setidaknya halaman beranda situs Internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada praktiknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersial tertentu.

Jenis-jenis Website

a. Macam-macam website berdasarkan bentuk / teknologi pembuatnya

Jenis-jenis website ada 3 (tiga) macam apabila dikategorikan dari teknologi pembuatannya, yaitu :

  • Website Statis adalah suatu website yang mempunyai halaman yang tidak berubah. Yang artinya adalah untuk melakukan sebah perubahan pada suatu halaman hanya bisa dilakukan secara manual yitu dengan cara mengedit kode-kode yang menjadi struktur dari website itu sendiri.
  • Website Dinamis adalah merupakan suatu website yang secara strukturnya diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain dimana utamanya yang bisa diakses oleh para pengguna (user) pada umumnya, juga telah disediakan halaman backend yaitu untuk mengedit kontent dari website tersebut. Contoh dari website dinamis seperti web berita yang didalamnya terdapat fasilitas berita, dsb.
  • Website Interaktif adalah suatu website yang memang pada saat ini memang terkenal. Contohnya website interaktif seperti forum dan blog. Di website ini para pengguna bisa berinteraksi dan juga beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka.

b. Macam-macam website berdasarkan fungsinya dan peruntukannya

Sedangkan macam-macam website apabila dilihat dari fungsi dan peruntukannya saat ini ada banyak Sob. Diantaranya yang bisa Kangdede sebutkan disini adalah :

  1. Search Engine
  2. Company Profile
  3. E-Commerce
  4. Archive
  5. Government
  6. Personal
  7. Entertainment
  8. News Portal
  9. Blog
  10. Community
  11. Educational
  12. Social Media
  13. Social Bookmarking
  14. Social News
  15. Webmail

Search Engine

Website jenis ini merupakan sebuah website yang bertugas mengumpulkan daftar website yang dapat Anda temukan di seluruh jaringan internet dalam database. Website yang Anda cari bisa muncul dalam halaman hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang Anda gunakan. Contoh search engine yang ada saat ini antara lain : Google, Bing, Yahoo Search, DuckDuck Go adalah beberapa contoh macam macam search engine.

Company Profile

Company profile merupakan website sederhana yang tentu saja statis, biasanya dibuat oleh perusahaan untuk menampilkan informasi bisnis mereka seperti jasa, visi misi, dan kontak.

Biasanya, website Company Profile lebih fokus kepada desain tampilan website yang menawan namun informasi yang dibutuhkan pengunjung tetap ditampilkan dengan jelas.

E-Commerce

E-Commerce adalah website yang memiliki fitur untuk melakukan aktivitas jual beli produk atau jasa melalui internet. Website E-Commerce memiliki fitur yang bisa menggantikan fungsi pada toko offline seperti menampilkan produk, pengecekan ketersedian produk, pemesanan dan transaksi online. Hmmm sepertinya Sobat sudah pada tahu ya website jenis ini? Sebut saja lazada.com, bhineka.com, dannnnnn masih banyak lagi Sob.

Archive

Website jenis ini digunakan untuk melestarikan atau menyimpan konten elektronik yang terancam akan hilang. Contohnya Sobat bisa menemukan konten2 elektronik di website https://archive.org/

Government

Website resmi milik pemerintah lokal, negara bagian, departemen pemerintahan atau pemerintah nasional suatu negara. Biasanya website resmi ini juga mengoperasikan website lainnya yang bertujuan untuk memberi informasi mengenai suatu daerah berikut dengan peraturan-peraturan di dalamnya. Di Indonesia banyak sekali bisa kita temukan website goverment ini, misalnya : indonesia.go.id, jabarprov.go.id dll

Personal

Website jenis ini merupakan website milik individual atau kelompok kecil yang berisikan informasi atau konten yang memang diinginkan oleh pemilik website. Contohnya saja website milik seorang selebriti besar yang dijalankan oleh humas atau sebuah instansi… sepertinya Sobat lebih tahu contoh website artis Indonesia bukan?

Entertainment

Sesuai dengan namanya, tentu saja website jenis ini sangat berhubungan dengan hiburan (entertainment), maka yang akan anda sering temui adalah website promosi, website game online, website film/bioskop, dan website untuk sebuah group band atau penyanyi.

News Portal

News Portal merupakan sebuah website yang khusus menyajikan informasi berita kejadian, politik, opini dan sebagainya. Website news yang sudah tidak asing bagi Anda contohnya adalah detik.com, liputan6.com, kompas.com, viva.co.id dan lainnya.

Blog

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Contohnya blog Kangdede ini tentunya… 😀 Yang mengupas tuntas permasalan bisnis dan blogging. Jadi untuk Sobat yang pemula bisa terus pantengin blog ini, berbagai artikel mengenai cara membuat blog bagi pemula akan terus Kangdede update

Demikian Sobat Kangdede, sekilas mengenai pengertian website dan jenis atau macam-macam website baik jenis website berdasrkan bentuknya maupun jenis website berdasarkan peruntukannya. Semoga bermanfaat…

Pencarian Terkait

Loading...
Tag:
author
Penulis: 
Blogger biasa yang berusaha untuk berbagi pengetahuan serta mengharapkan banyak income dari ngeblog.