Pengertian Domain dan Hosting Yang Perlu Diketahui

1 komentar 349 views

Pengertian Domain dan Hosting | Kangdede.web.id – Pada kesempatan yang lalu Kangdede sudah sedikit berbagi mengenai pengertian website dan jenis-jenis website, pengertian blog, jenis dan manfaat blog. Kali ini masih dalam topik mengenai blogger (dunia blogging), kita akan mengenal arti domain dan pengertian hosting.

Karena jika sobat akan membuat sebuah webblog atau website, tentu tidak akan bisa lepas dari permasalahan domain dan hosting, maka  tidak ada salahnya jika Sobat mengenal apa pengertian domain dan hosting.

Mungkin bagi Sobat yang sering berselancar di dunia maya sudah sangat mengetikkan alamat website di address bar browser yang Sobat gunakan. Misalnya saja www.facebook.com, www.google.com atau gmail.com. Yap, apakah kira-kira Sobat sudah tahu apa pengertian domain?

Pengertian Domain dan Hosting

pengertian domain dan hosting

1. Pengertian Domain dan Pembagian Domain

a. Pengertian Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.
Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

b. Pembagian Domain

Setelah kita mengenal pengertian domain, kita juga akan mengenal pembagian domain. Domain memiliki beberapa bagian atau yang dikenal dengan level, yaitu :

– Top Level Domain

Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti :
.com (dotcommercial)
.net (dotnetwork)
.org (dotorganization)
.edu (doteducation)
.gov (dotgoverment)
.mil (dotmilitary)
.info (dotinfo)
dll
Top Level Domain ini dibagi lagi dalam 2 jenis,  yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).  Contoh gTLD adalah seperti yang telah disebutkan diatas (.com, .net, .org dst). Sedangkan untuk ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID. Contohnya : co.id, net.id, or.id, web.id dst atau misalnya untuk negara Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

– Second Level Domain (SLD)

Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang Sobat daftarkan. Contohnya blog ini Sobat, kangdede.web.id, dimana Kangdede adalah second level domain (SLD) dan .web.id adalah ccTLD nya. Contoh lain misalnya facebook.com, dimana SLD nya adalah facebook dan TLD nya adalah .com

Third Level Domain

Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain kangdede.web.id adalah nama SLD dan ccTLD untuk blog. Dan kangdede ingin memiliki email dengan nama dapat diakses dengan third level domain, maka kangdede buat menjadi webmail.kangdede.web.id. Jadi webmail tadi disebut dengan third level domain.

2. Pengertian Hosting

Nah setelah tadi kita sudah tahu pengertian atau definisi domain, sekarang kita akan membahas apa itu hosting. Kira-kira apa yang dimaksud hosting ya Sobat?
Hosting adalah space harddisk dalam komputer server  yang digunakan untuk penyimpanan database, email dan file web. Kebayang kan Sob, seorang pengguna bisa mendapatkan sebua tampilan di jendela browsernya dengan berbagai tampilan teks, gambar, animasi, suara, video dll karena konten tersebut sudah disimpan dalam space harddisk.
Hosting atau Webhosting yang ada saat ini sangat banyak, mulai dari yang gratis dan ada pula yang berbayar dengan berbagai variasi harga. Mungkin Sobat akan bertanya, bila ada hosting yang gratis, mengapa harus pakai yang berbayar?

Hosting yang berbayar menawarkan  fitur-fitur yang tentu saja lebih lengkap dibanding yang gratis. Contohnya tersedianya fitur-fitur seperti: fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql, bebas iklan yang tidak kehendaki, dan yang lain sebagainya.Sedangkan hosting gratis banyak batasannya. Kita tidak bisa menentukan space yang akan kita gunakan, sering adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki, aksesnya yang lambat, dan lain sebagainya.

Ada banyak spesifikasi hosting berbayar yang perlu kita perhatikan jika ingin menyewa sebuah webhosting, akan tetapi beberapa yang penting adalah :

– Space / kapasitas hosting : Ini adalah besarnya data yang bisa Anda taruh di hosting. Ukurannya adalah Megabytes, Gigabytes, Terabytes
– Bandwidth atau besarnya kuota transfer data per bulan. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, Gigabytes/bulan. Bandwidth ini direset ke nol tiap bulannya.

– Jumlah database : Ini adalah menentukannya banyaknya database yang bisa Anda buat / taruh di hosting

– Jumlah addon domain : Banyaknya domain lain yang bisa Anda tambahkan ke hosting
– Jumlah akun email : Banyaknya akun email yang bisa Anda buat
Nah.. bagaimana Sobat apakah sudah ada gambaran mengenai pengertian domain dan hosting? Semoga  artikel pada posting kali ini mengenai pengertian domain dan hosting bisa bermanfaat menambah wawasan kita semua. Untuk Sobat Kangdede yang ingin memperdalam lagi pengetahuan mengenai domain dan hosting ini, bisa mengunjungi artikel Panduan Dasar Domain untuk Pemula.
Demikian Sobat, semoga bermanfaat dan nantikan update artikel selanjutnya…

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: 

Blogger biasa yang berusaha untuk berbagi pengetahuan serta mengharapkan banyak income dari ngeblog.