Pengertian Blog, Jenis dan Manfaat Blog

Tidak ada komentar 332 views

Pengertian Blog, Jenis dan Manfaat Blog | Kangdede.web.id – Hai Sobat, tahukah Sobat apa definisi atau pengertian blog? Untuk sobat yang sering berkelana di jagad maya, pasti sudah pernah mendengar kata blog bukan?

Namun tak jarang dari kita yang tidak tahu pengertian blog, jenis-jenis blog dan apa sebenarnya manfaat blog. Nah, karena itu pada kesempatan ini, Kangdede ingin mencoba berbagi artikel mengenai pengertian blog , jenis serta manfaat sebuah blog.

Seperti yang telah Sobat baca dalam artikel terdahulu mengenai pengertian website serta macam-macam website, sekilas juga telah disinggung mengenai definisi blog. Namun pada kesempatan ini, kita akan bahas lebih mendalam lagi ya Sob?

  1. Pengertian Blog

    Blog berasal dari dua suku kata, yakni Web dan Log (Weblog) yang dapat diartikan sebagai catatan harian. Yang dimaksud catatan harian disini merupakan catatan atau tulisan yang disimpan secara online dan terdapat dalam sebuah halaman web. Dapat disimpulkan bahwa Blog adalah halaman web online yang berisikan catatan, tulisan, ataupun rangkaian artikel yang dapat diperbaharui dan dapat diakses untuk pribadi maupun untuk umum.
    Ada istilah blog dan ada istilah Ngeblog. Jika pengertian Blog sudah kita ketahui diatas, lalu apa pengertian Ngeblog?. Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel.

    Beberapa blogger (orang yang membuat dan menulis blog) kini bahkan juga telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan/monetisasi blog (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini

    Pengertian Blog

  2. Jenis-Jenis Blog

    Saat ini banyak sekali jenis blog yang ada di dunia maya. Hal ini karena semakin banyak yang merasakan manfaat blog seperti halnya Kangdede dimana artikel yang Sobat baca ini merupakan blog milik Kangdede pribadi.

    Berikut ini jenis-jenis blog yang ada :

    • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
    • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
    • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
    • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
    • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
    • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
    • Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
    • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
    • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
    • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
    • Blog agama: Membahas tentang agama
    • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
    • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
    • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
    • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
    • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
    • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
    • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak
  3. Manfaat Blog

    Setelah mengenal apa pengertian blog, serta jenis-jenis blog, kali ini kita akan mengetahui apa manfaat blog sebagaimana penjelasan berikut :

    • Sebagai media pribadi
      Fungsi blog yang satu ini lebih ditekankan kepada keseharian pemilik blog itu sendiri, seperti pengalaman hidup, curahan hati, dan semata-mata hanya untuk kepentingan diri saja dan bersifat pribadi.
    • Sebagai media untuk berbisnis
      Blog bisnis merupakan blog yang dipergunakan untuk melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan usaha seseorang atau perusahaan, seperti usaha berdagang dengan menawarkan produk-produknya melalui blog. Dan ada juga yang menawarkan jasa, toko online, jual beli, dan masih banyak lagi blog usaha yang lainnya. Atau untuk mengulas produk yang ditawarkan pada toko onlinenya.
    • Sebagi media untuk berbagi informasi
      Blog ada juga yang berguna sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi kepada umum. Jenis blog seperti ini sangat bagus karena lebih mengutamakan kepentingan para pembacanya. Misalnya, sobat memiliki pengetahuan lebih tentang Android, maka tidak ada salahnya sobat berbagi ilmu, tips, maupun trik yang dapat dipublikasikan melalui sebuah blog.
    • Sebagai media untuk promosi atau iklan
      Jenis blog ini lebih diperuntukkan kepada pemilik blog yang ingin mengedarkan barang, jasa, maupun produk orang lain dalam blog kita dengan maksud dan tujuan untuk mendapat upah dari orang yang sudah kita promosikan

Demikian Sobat, sekilas mengenai pengertian blog, jenis blog dan tentu saja manfaat blog yang bisa kita ketahui bersama. Apakah Sobat tertarik untuk membuat sebuah blog juga? Mungkin Sobat juga bisa mengunjungi artikel Kangdede mengenai cara membuat blog. Semoga bermanfaat..

Pencarian Terkait

Loading...
Tag:
author
Penulis: 
Blogger biasa yang berusaha untuk berbagi pengetahuan serta mengharapkan banyak income dari ngeblog.