Membagi Koneksi Internet di Windows 10

Tidak ada komentar 622 views
Membagi  koneksi internet di Windows 10 – Jika Sobat memiliki koneksi internet stabil dan menggunakan Windows 10, Sobat bisa mencoba membagikan koneksi internet tersebut melalui perangkat wifi (wifi – hotspot) agar gadget Sobat yang lain bisa menggunakan koneksi internet tersebut.
Beberapa software seperti easy Wi-FiMy Wifi Router, Free Wifi Hostpot atau easy wifi hotspot creator memang bisa membuat semacam wifi – hotspot tersebut di beberapa versi Windows OS. Akan tetapi di Windows 8 atau Windows 10, membagi koneksi internet melalui perangkat wifi bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Adapun persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat wifi-hotspot di Windows 10 antara lain : tentu saja pc / laptop dengan sistem operasi Windows 10, koneksi internet dari LAN Card, atau modem GSM/CDMA, dan sebuah perangkat wifi yang mendukung host network. Cara untuk mengetahui apakah perangkat wifi Sobat mendukung host network atau tidak adalah dengan menggunakan perintah :netsh wlan show driver pada terminal cmd. Dan pada informasi yang muncul cari kata : host network supported : jika jawabannya Yes, maka perangkat wifi sobat bisa digunakan untuk membagi pakai koneksi internet di Windows 10.

Berikut ini cara membuat Wifi-Hotspot di Windows 10 :
Buka Command Prompt dengan cara mengetikan kata cmd pada kolom pencarian di menu windows 10 atau tekan kombinasi tombol windows + x pada keyboard, kemudianklik Command Prompt (Admin).

Setelah keluar jendela Command Prompt, ketik perintah sebagai berikut :
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=nama_hotspot key=kata_kunci
 

Ganti nama_hotspot dan kata_kunci dengan nama hotspot dan kata kunci (password) yang Sobat inginkan. Misalnya : netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=kangdedePC key=kdm1234567
Kemudian aktifkan wifi-hotspot di Windows 10 dengan perintah :

netsh wlan start hostednetwork

Sedangkan untuk mematikan fungsi wisi-hotspot di Windows 10, pergunakan perintah sebagai berikut :

netsh wlan stop hostednetwork

Demikian Sobat sedikit tips untuk membagi koneksi internet di Windows 10. Semoga bermanfaat… 😀
Untuk Sobat yang belum tahu fitur windows 10 boleh cek halaman ini : Sekeren apa fitur windows 10.

Update :
Karena ada yang menanyakan apakah langkah-langkah untuk membuat dan mengaktifkan wifi-hotspot tersebut harus dilakukan setiap saat akan menghidupkan wifi-hotspot, Kangdede dapat jelaskan bahwa apabila Sobat telah pernah melakukan setting dari awal sampai terakhir, lain kali Sobat akan mengaktifkan wifi-hotspot cukup dengan perintah netsh wlan start hostednetwork. Kecuali jika Sobat ingin mengganti nama hotspot dan atau password.

Selanjutnya agar Sobat tidak harus mengetikan perintah pengaktifan wifi-hotspot, Sobat dapat membuat sortcut di desktop dengan cara klik kanan pada desktop, klik new kemudian klik Shorcut. Setelah itu masukan perintah netsh wlan start hostednetwork pada kolom type the location of the item. Kemudian klik next dan beri nama shortcut tadi sesuai keinginan Sobat. Kemudian klik finish.
Nah, jadi setiap kali Sobat mau mengaktifkan wifi-hotspot di Windows 10 tinggal klik shotcut tadi yang ada di desktop.

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: 
Blogger biasa yang berusaha untuk berbagi pengetahuan serta mengharapkan banyak income dari ngeblog.