Makna Shalat Menurut Etimologi

1 komentar 91 views

Makna Shalat Menurut Etimologi | Kangdede.web.id – Shalat merupakan ibadah yang telah diwajibkan oleh Allah Sang Maha Pencipta, kepada umat manusia yang penyampaian kewajiban ini dilakukan saat peristiwa Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

Menilik makna shalat sendiri kita bisa mengetahui dari segi etimologi (bahasa) maupun dari segi terminologi syar’i. Namun pada kesempatan ini, Kangdede akan mencoba terlebih dahulu menuliskan makna shalat menurut etimologi.

Makna Shalat Menurut Etimologi adalah Do’a

Shalat menurut etimologi atau bahasa berarti Doa. Hal ini dapat kita ketahui dari Firman Allah Subhanahu Wata’Ala dalam surat At-Taubah ayat 103 sebagai berikut :

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya : Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Makna Shalat Menurut Etimologi

 

 

Jika kita mencermati kandungan di dalam shalat, niscaya kita dapatkan kesesuaian pengertian shalat secara etimologi dimana shalat diartikan dengan doa. Pada kenyataanya seseorang yang shalat berdoa kepada Allah. Lafal-lafal yang diucapkan di dalam shalat berisi doa dan pujian kepada Allah.

Pengertian atau makna shalat berdasarkan etimologi yang menyatakan do’a juga dapat ditemui dalam Sabda Nabi Muhammad Shallalahu Alaihi Wasallam :

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ فَلْيُبِبْ، فَإِنْ كَانَ صَائِمًا فَلْيُصَلِّ، وَإِنْ كَانَ مُفْطِرًا فَلْيَطْعَمْ.

“Jika salah seorang dari kalian diundang, maka penuhilah. Jika ia berpuasa, maka berdo’alah dan jika tidak berpuasa, maka makanlah.”

Demikian Sobat Kangdede, makna Shalat berdasarkan etimologi atau bahasa adalah Do’a. Pada kesempatan yang akan datang, kita akan mengenal Pengertian shalat berdasarkan terminologi syar’i. Semoga bermanfaat.

Loading...

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: 
Blogger biasa yang berusaha untuk berbagi pengetahuan serta mengharapkan banyak income dari ngeblog.