Install Spotify di BlankOn 10 Tambora

Tidak ada komentar 915 views

Install Spotify di BlankOn 10 Tambora | Kangdede – Untuk Sobat yang sudah mencoba BlankOn X Tambora pasti sudah tahu jika BlankOn Linux sudah menyertakan aplikasi pemutar musik yang bernama Audacious. Namun sepertinya dunia teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Pemutar Audacious menurut Kangdede sudah cukup bagus, tapi namanya manusia ga pernah ada puasnya, apalagi saat ini jamannya streaming. Tidak hanya video streaming, dunia audio musik juga sudah ada streamingnya. Salah satunya adalah spotify.

Apakah Spotify Itu?

Spotify merupakan aplikasi perangkat lunak yang berperan sebagai client yang memungkinkan penggunanya mengakses lagu-lagu secara gratis maupun berbayar yang ada di server soptify. Layanan spotify menyediakan berbagai lagu dari label rekaman dunia, seperti Sony, EMI, Warner Music, dan Universal. Bahkan pada saat ini sopity telah merambah Indonesia, tentu dengan menyediakan berbagai lagu Indonesia.

Pengguna Soptify dapat mencari musik dengan mesin pencarian yang memasukkan nama artis, album, genre, daftar lagu, maupun label rekaman. Bila pengguna bersedia membayar, maka ia tidak akan melihat iklan serta dapat mengunduh musik sehingga bisa didengarkan secara offline.

Walaupun sempat terjadi kontroversi dan banyak artis yang memusuhi spotify karena dianggap merusak nilai seni, namun pada kenyataanya Spotify yang berasal dari Swedia dan dirilis pada Oktober 2008 terus meningkat penggunanya. Layanan Soptify dikembangkan sejak 2006 oleh Spotify AB di Stockholm, Swedia. Perusahaan itu didirikan Daniel Ek dan Martin Lorentzon. Dan sejak Desember 2013, Spotify tersedia di Android, Blackberry, iOS, Linux, Microsoft, dan lainnya. Layanan itu muncul di Amerika Serikat sekitar tiga tahun lalu.

Selain fungsi utama untuk memutar musik secara streaming, tidak berarti koleksi mp3 di komputer Sobat menjadi mubazir. Karena aplikasi Spotify juga bisa memutar musik secara lokal yaitu koleksi mp3 lama maupun musik-musik yang telah diunduh jika kebetulan Sobat menjadi pengguna berbayar Spotify.

Install Spotify di BlankOn X Tambora

Install Spotify di BlankOn 10 Tambora

Aplikasi Spotify yang tersedia untuk Linux ini bisa juga dipasang dengan mudah pada BlankOn X Tambora. Cara install spotify di BlankOn X Tambora dapat dilakukan hanya dengan menyediakan koneksi internet. Langkah-langkah menginstall Spotify di BlanOn x Tambora adalah sebagai berikut :

  1. Buka terminal melalui menu manokwari – Perkakas Sistem – Terminal
  2. Setelah muncul jendela terminal tambahkan Spotify repository signing key agar aplikasi apt-get bisa memverifikasi file yang didownload. Sobat cukup copy dan paste kan perintah ini pada terminal : “sudo apt-key adv –keyserver hkp://keyserver.ubuntu.com:80 –recv-keys BBEBDCB318AD50EC6865090613B00F1FD2C19886“. Setelah dipaste kemungkinan Sobat akan ditanya password root. Silahkan masukan password Sobat.
  3. Tambahkan Spotify repository kedalam database dengan copy paste perintah berikut : echo deb http://repository.spotify.com stable non-free | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/spotify.list. 
  4. Update daftar paket dengan perintah ini : sudo apt-get update
  5. Install Spotify, dengan perintah : sudo apt-get install spotify-client. 

Tunggu hingga proses instalasi selesai… dan aplikasi Spotify bisa segera Sobat jalankan di BlankOn X Tambora dengan mengakses menu Manokwari – Suara & Video – Spotify. Selamat mencoba..

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: 

Blogger biasa yang berusaha untuk berbagi pengetahuan serta mengharapkan banyak income dari ngeblog.