Install KDE Plasma 5 di BlankOn 10 Tambora

4 comments 538 views

Install KDE Plasma 5 di BlankOn 10 Tambora | Kangdede – Jika Sobat merasa kurang nyaman dengan tampilan dekstop Manokwari pada Linux BlankOn X atau BlankOn Tambora, sobat masih bisa menggunakan desktop lainnya seperti gnome, KDE atau Cinnamon. Kalau Kangdede sih lebih suka pakai Cinnamon. Tampilannya klasik, sederhana namun mudah dalam penggunaanya.

Namun seringkali Kangdede penasaran dan ingin mencoba-coba tampilan dekstop lainnya pada distribusi Linux BlankOn 10 yang asli buatan Indonesia. Oleh sebab itu maka Kangdede mencoba meng – install KDE Plasma 5 di BlankOn 10 Tambora. Ternyata memang BlankOn Tambora ini sudah dibekali dengan repository yang cukup lengkap.

Cara Install KDE Plasma 5 di BlankOn 10 Tambora

Adapun cara install KDE Plasma 5 di BlankOn 10 Tambora ini sangat mudah Sobat, Sobat cukup membuka aplikasi synaptic, kemudian cari dan install kde-plasma-desktop. Atau Sobat juga bisa mengetikan perintah di terminal :

sudo apt-get install kde-plasma-dekstop

Setelah itu maka synaptic akan otomatis menginstall semua aplikasi yang dibutuhkan.

Namun setelah berhasil diinstal, Kangdede memiliki permasalahan ketika berhasil logout dan kemudian login dengan menggunakan dekstop KDE yang sudah diinstal tadi. Tampilan KDE acak-acakan dimana panel KDE tidak tampil full seperti biasanya tampilan KDE serta tidak ada border dan tombol close seperti biasa pada sebuah jendela aplikasi.

Setelah dibrowsing kesana-sini, ternyata permasalahannya hanya kurang pada aplikasi kwin-x11 dan kwin-decoration-oxygen. Maka langsung saja Sobat bisa install kedua aplikasi tersebut dengan perintah :

sudo apt-get install kwin-x11 kwin-decoration-oxygen

Setelah selesai, serta logout dari blankOn dan masuk lagi dengan memilih dekstop KDE, maka tampilan KDE pada BlankOn 10 Tambora sudah sempurna.. 😀

Install KDE Plasma 5 di BlankOn 10 Tambora

Tampilan KDE Plasma 5 di BlankOn 10 Tambora

Bagaimana Sobat, mudah bukan cara Install KDE Plasma 5 di BlankOn 10 Tambora? Setelah ini Sobat bisa gonta ganti tampilan dekstop BlankOn nya dari manokwari ke plasma KDE. Tentu saja hal ini akan membuat kita tidak bosan dan lebih asyik bekerja dengan Linux BlankOn.

Selamat mencoba Sobat…


Loading...

Pencarian Terkait

author
Penulis: 
Blogger biasa yang berusaha untuk berbagi pengetahuan serta mengharapkan banyak income dari ngeblog.
  • Ufiq Udayut

    klo untuk install kde gnome 3 ?

    • pake command line di terminal : sudo apt-get install gnome gnome-shell

  • Icon wifi ane ilang kang, gimana nih? solusi dong,, nuhun

    • Saya sudah kembali ke Debian nih, ga bisa bantu pecahkan solusinya.. barangkali bisa membantu :
      1. Install project-neon5-plasma-nm, sudo apt-get install project-neon5-plasma-nm
      2. Atau jika sudah terinstall, Klik kakan pada Panah atas pada system trays yang akan menampilkan hidden icons, Pilih “System Tray Settings”, lalu klik pada “Entries”, dan banyak setting KDE4 yang mungkin salah satunya pengaturan koneksi.
      Sumber : https://forum.kde.org/viewtopic.php?f=18&t=123406