Iklan Floating Melanggar Kebijakan Google Adsense

2 comments 2021 views

Iklan Floating Melanggar Kebijakan Google Adsense | Kangdede – Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 20 Desember 2016 bertepatan sehari sebelum pembayaran rutin dari google adsense, Kangdede mandapatkan surat cinta dari mbah google. Surat cinta ini untuk memperingatkan Kangdede terkait penempatan iklan dalam situs / blog tradisikita.my.id

Surat cinta yang dikirimkan melalui email tersebut kurang lebih berisi seperti ini :

Pesan peringatan ini bertujuan untuk memperingatkan Anda tentang adanya tindakan yang diperlukan agar akun AdSense Anda kembali mematuhi kebijakan program AdSense kami. Di bawah ini kami cantumkan detail lainnya beserta tindakan yang perlu Anda lakukan.

Situs web yang terpengaruh: tradisikita.my.id

Contoh laman tempat terjadinya pelanggaran: http://www.tradisikita.my.id/2014/11/8-daftar-lirik-lagu-daerah-jawa-tengah.html?m=1

Diperlukan tindakan: Segera lakukan perubahan pada situs Anda untuk mematuhi kebijakan program AdSense.

Status akun saat ini: Aktif

Penjelasan pelanggaran

Penayang tidak boleh menerapkan iklan Google dengan cara yang menyamarkan iklan itu. Untuk menjaga pengalaman pengguna yang baik, penayang harus membedakan iklan Google dengan konten situs secara jelas. Ini mencakup, namun tidak terbatas pada: tata letak situs yang membuat iklan mendorong konten ke paro bawah di perangkat seluler; menempatkan unit iklan berukuran 300×250 atau lebih besar di paro atas pada situs yang dioptimalkan untuk seluler.

Agar tetap sepenuhnya sesuai dengan kebijakan, pastikan situs dan tata letak iklan Anda senantiasa mematuhi kebijakan di semua perangkat. Informasi selengkapnya tentang kebijakan ini dapat ditemukan di pusat bantuan.

Cara mengatasi:

  • Jika Anda menerima notifikasi mengenai konten laman, hapus konten tersebut dari situs Anda atau hapus iklan dari laman yang melanggar.
  • Jika Anda menerima notifikasi tentang cara penerapan iklan di situs Anda, lakukan perubahan yang diperlukan pada penerapan Anda.

Sengaja Kangdede mensharing surat cinta diatas, untuk menjadi bahan instropeksi buat rekan-rekan semua yang kebetulan juga memiliki hubungan dekat dengan google.

Iklan Floating Melanggar Kebijakan Google Adsense

Mari kita bahas terlebih dahulu latar belakang kenapa hal ini (penempatan iklan) bisa terjadi dan menjadi sebuah pelanggaran di google adsense?

Pertama-tama alasan Kangdede menempatkan iklan float di situs TradisiKita adalah karena Kangdede melihat situs-situs besar juga menerapkan iklan float di websitenya. Selain itu, sebelum Kangdede menempatkan iklan float, Kangdede sudah membaca kebijakan google adsense yang kalau tidak salah isinya kurang lebih kebolehan untuk memodifikasi iklan selama iklan tersebut tidak menutupi konten, serta penayang diizinkan menggunakan skrip yang memungkinkan pengguna menutup unit iklan dengan mengeklik pada kotak. Hal ini menunjukan bahwa penempatan iklan secara float selama tidak menghalangi konten, serta memungkinkan pengguna dapat menutup iklan float tersebut masih bisa diterima google adsense.

Baca : https://support.google.com/adsense/answer/1354742?hl=id&ref_topic=1271508

Namun kenapa iklan float tersebut menjadi melanggar kebijakan google adsense? Jawabannya adalah karena iklan float yang kangdede pasang tidak memperhitungkan perangkat seluler. Perhatikan url situs tradisikita yang dianggap melanggar kebijakan diatas adalah alamat url ketika diakses dari perangkat seluler. Dalam arti, jika situs tradisikita dibuka diperangkat seluler, maka iklan float tersebut akan menghalangi isi/konten.  Selain itu, iklan float akan tetap berada ditempatnya, walaupun pengguna melakukan scroll ke bawah konten.

Hal ini melanggar ketentuan google adsense ini : https://support.google.com/adsense/answer/1354736?hl=id&ref_topic=1271508 dan https://support.google.com/adsense/answer/1346295?hl=id&vid=1-635768021857657759-3299439999#Difficult_to_distinguish_ads_and_content

Tindakan ketika Iklan Float Melanggar Kebijakan Google Adsense

Anda tidak perlu menghubungi kami jika Anda melakukan perubahan. Perlu diketahui bahwa jika terjadi pelanggaran lainnya, penayangan iklan dapat dinonaktifkan untuk situs web yang terpengaruh yang tercantum di atas. Anda harus segera meluangkan waktu untuk meninjau konten Anda dan memastikan bahwa konten sudah mematuhi kebijakan kami.

Yap, tentu saja tindakan tepat ketika iklan floating melanggar kebijakan google adsense adalah dengan mencopotnya atau Sobat bisa memodifikasi iklan tersebut sehingga pada saat dibuka pada perangkat seluler tidak menjadi momok yang mengancam dinonaktifkannya situs tersebut dari program google adsense.

Ok Sobat, sepertinya cukup segini dulu Kangdede berbagi pengamalan eh pengalaman tentang Google Adsense. Semoga bermanfaat..

 

 

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: 
Blogger biasa yang berusaha untuk berbagi pengetahuan serta mengharapkan banyak income dari ngeblog.
  • Tutorial Android Id

    kalau iklan di blog ini yang ngikutin terus waktu di scroll itu melanggar tidak bang? (waktu di scrool muncul terus)

    • Selama tidak mengganggu konten sepertinya tidak, namun perlu diperhatikan juga tampilan pada tampilan seluler
      “Penayang tidak boleh menerapkan iklan Google dengan cara yang menyamarkan iklan itu. Untuk menjaga pengalaman pengguna yang baik, penayang harus membedakan iklan Google dengan konten situs secara jelas. Ini mencakup, namun tidak terbatas pada: tata letak situs yang membuat iklan mendorong konten ke paro bawah di perangkat seluler; menempatkan unit iklan berukuran 300×250 atau lebih besar di paro atas pada situs yang dioptimalkan untuk seluler”
      Peringatan diatas diberikan pada salah satu blog (blogger) dengan sticky ads seperti pada blog ini, namun sticky ads tersebut tidak hilang saat diakses dari seluler sehingga menutupi konten.