Cara Menulis Artikel di Blog Untuk Pemula

Tidak ada komentar 318 views

Cara Menulis Artikel di Blog Untuk Pemula | Kangdede.web.id – Setelah Sobat melakukan praktek Cara Membuat Blog dan berhasil membuat sebuah blog keren di blogger, pada artikel kali ini kita akan mengenal blogger lebih jauh. Mulai dari mengenal tombol-tombol di blogger sampai memulai untuk belajar cara menulis artikel di blogger.

Sebelum kita sampai pada artikel inti yaitu cara menulis artikel di blog untuk pemula, ada baiknya kita mengenal tampilan dan tombol-tombol yang ada pada halaman blogger.com.

Mengenal lebih jauh menu-menu pada Blogger

Untuk dapat membuat artikel yang profesional, Sobat perlu mengetahui cara menulis artikel di blog dengan benar. Sebab tidak menutup kemungkinan, terutama pada artikel-artikel yang copy paste, ada format tulisan yang tidak sama.

cara menulis artikel di blog

image : www.hover.com

Sebagai langkah awal, kita dapat mengenal menu-menu yang ada pada halaman blogger. Ada beberapa tombol dan menu dalam blogger yang harus Sobat ketahui fungsinya untuk menunjang keberhasilan Sobat dalam membuat blog yang bagus. Diantaranya adalah seperti yang Kangdede jelaskan dibawah ini :

Menu dan Tombol pada Blogger

  • Postingan: menampilkan semua postingan/artikel yang terdapat pada blog Sobat, postingan tersebut terbagi kedalam dua bagian, yaitu pos sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dalam menu ini, Sobat  bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat, atau melakukan editing pada sebuah artikel baik  yang masih draft maupun yang sudah diterbitkan sekalipun
  • Statistik: menampilkan informasi statiska pada blog Sobat, seperti jumlah penayangan hari ini, kemarin, dan bulan lalu. Selain itu, pada menu ini juga menampilkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan blog Sobat dan lain sebagainya. Biasanya Kangdede terkadang bisa menjadikan statistik pengunjung sebagai sebuah pertimbangan dalam menulis satu topik tertentu. Karena melalui menu ini, kita tahu apa yang dicari oleh pengunjung blog dari kata kunci (keyword) yang membuatnya datang ke blog kita.Menu Statistik Blogger
  • Komentar: menampilkan komentar yang telah diterbitkan, komentar yang masih menunggu moderasi, dan komentar yang tergolong spam.
  • Kampanye: menampilkan menu seputar Adwords, yaitu sebagai media bagi Sobat untuk  mempromosikan blog Sobat  dengan iklan Adwords ini, tetapi tentu saja ini tidak gratis.
  • Laman: menampilkan jumlah laman yang terdapat pada blog anda, laman yang masih berbentuk draft, dan laman yang sudah diterbitkan. Berbeda dengan postingan, pada laman ini bisa Sobat isi dengan berbagai artikel yang sifatnya tetap. Seperti halaman tentang privacy policy, disclaimer, about us, atau informasi tentang pemasangan iklan di blog Sobat misalnya. Tentu saja halaman tersebut memuat info seputar blog yang tidak berhubungan dengan topik bahasan pada artikel.
  • Tata Letak: disini Sobat bisa kustomisasi tampilan atau menambahkan widget (gadget) pada blog Sobat. Contohnya untuk menambahkan widget berupa iklan di sisi artikel, atau untuk menampilkan artikel populer dsb.
  • Tema: menampilkan pengaturan pada template/tampilan blog Sobat. Untuk mengedit, mengganti template blog, dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Setelan: menampilkan pengaturan lanjutan pada blog Sobat, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa Sobat lakukan disini.
  • Daftar Bacaan: menampilkan postingan terbaru dari blog-blog yang Sobat ikuti.
  • Bantuan: menampilkan beberapa artikel bantuan mengenai bagaimana cara menggunakan blog di Blogger.

Bagaimana cara menulis artikel di blog Membuat Postingan di Blogger?

Untuk menulis artikel di blog, Sobat perlu juga mengetahui fungsi dari tombol-tombol yang ada pada menu posting blogger (Setelah menekan tombol ENTRI BARU) yang bisa digambarkan sebagai berikut :

Menulis artikel postingan di blogger

  1. Pada menu Entri, tulislah judul artikel yang ingi Sobat buat, Misalkan “Malin Kundang, Legenda Si Anak Durhaka”
  2. Kotak Nomor 2 adalah media untuk Sobat menulis artikel/postingan. Sobat bisa memulai untuk menulis artikel. Adapun pengaturan jenis font, paragrap dan sebagainya, akan bisa Sobat lakukan dengan mengakses tombol-tombol diatasnya (No 3 – 20)
  3. Ikon F berfungsi untuk memilih jenis huruf (Font) yang digunakan pada artikel. Penggunaanya hanya untuk artikel tidak pada judul artikel.
  4. Ikon T berfungsi untuk memilih besar hurup, dari mulai yang smaller, normal hingga besar.Besarnya font di blogger
  5.  No 5 berfungsi untuk merubah format hurup yaitu sebagai heading (H2 – H4 / Heading, Sub Heading, Minor Heading) atau Normal. Pada contoh gambar diatas, kalimat “Malin Kundang, Legenda Si Anak Durhaka” menggunakan format Heading.
  6. Ikon HTML adalah ikon untuk mengganti tampilan artikel menjadi HTML dimana akan ditampilkan kode-kode HTML. Ini berfungsi bagi kita yang mengerti bahasa HTML yaitu untuk memperbaiki tampilan yang kurang rapi / tidak sesuai dengan keinginan serta tidak terdapat tool untuk melakukan hal tersebut.
  7. Ikon B U I dan ABC menunjukan fungsi seperti halnya kita mengedit di MS Word, yaitu untuk memberikan efek pada font berupa Huruf TebalUnderlineItalic dan Strikhrough
  8. Untuk mengatur warna tulisan / teks
  9. Untuk mengatur warna background dari teks
  10. Memberikan sebuah hyperlink pada teks, fungsinya untuk mengarahkan pengunjung ke halaman tertentu, yaitu ketika di klik, maka akan membuka artikel lain / alamat lain. Contoh : Cara Membuat Blog Gratis
  11. Untuk menyisipkan gambar didalam tulisan/artikel
  12. Untuk menyisipkan video didalam tulisan / artikel
  13. Untuk menyisipkan karakter, symbol atau emoji kedalam artikel
  14. Ikon break ini berfungsi untuk memotong batas artikel yang akan ditampilkan di home page / halaman utama. Akan tetapi ikon ini jarang digunakan oleh blogger, karena secara umum sudah otomatis dilakukan oleh tema / template blogger yang dipasang.
  15. Untuk membuat perataan paragrap pada artikel. Tersedia beberapa perataan yaitu rata kiri, rata tengah (center) rata kanan dan rata kanan kiri.
  16. Untuk membuat penomoran secara otomatis, contohnya artikel ini dibuat dengan penomoran otomatis.
  17. Untuk membuat bullets secara otomatis
  18. Ikon quote yaitu untuk membuat petikan kalimat yang nantinya ditampilkan ditengah
  19. Untuk menghapus semua format tulisan yang telah disetting sebelumnya. Seperti menghilangkan penomoran otomatis, menghilangkan bullets dsb
  20. Untuk mengecek spelling

Setelan Entri Blogger

setelan entri bloggerSetelan Entri pada blogger yang terletak di sebelah kanan artikel merupakan setelan atribut artikel, yang terdiri dari :

  1. Label : digunakan untuk mengelompokan jenis artikel sesuai dengan topik yang ditulis. Pengelompokan artikel berdasarkan pada label di blogger ini sangat bermanfaat juga ketika kita akan membuat menu / navigasi artikel di sebuah blog.
  2. Jadwal : Berfungsi jika kita ingin melakukan penjadwalan dalam mempublikasi/menerbitkan artikel yang sudah fix
  3. Link : berfungsi untuk menyeting alamat url dari artikel. Jika link tersebut dilakukan secara otomatis, maka akan digunakan judul sebagai alamat url nya.
  4. Lokasi : berfungsi untuk memberikan atribut lokasi pada artikel yang kita terbitkan, misalnya kita menerbitkan artikel ketika di Bandung. Maka dalam Lokasi bisa setting posisi kita tersebut.
  5. Pilihan : terdiri dari beberapa setting diantaranya komentar yang diizinkan atau ditutup, tautan balik,  mode tulisan HTML dll.

 

Alat Publikasi, Simpan, Pratinjau dan Tutup

Alat terakhir yang perlu dipahami Sobat yang ingin tahu cara menulis artikel di blog, kali ini ada beberapa tool yang terdiri dari tombol-tombol yaitu :

  1. Publikasi : berfungsi untuk menerbitkan artikel
  2. Simpan : berfungsi untuk menyimpan artikel kedalam artikel draf, sehingga kita bisa mengeditnya dilain waktu
  3. Pratinjau : berfungsi untuk melihat hasil tulisan dalam website
  4. Tutup : berfungsi untuk menutup mode edit entri dan kembali ke Dashboard blogger

publikasi blogger

Apabila kita sudah mempublikasi / menerbitkan artikel, akan tetapi akan melakukan pengeditan lagi pada artikel tersebut, maka tombol – tombol diatas akan berubah menjadi seperti ini :

perbaharui artikel blogger

  1. Perbaharui : untuk memperbaharui artikel yang sudah diedit
  2. Kembali ke draf : untuk mengembalikan artikel yang sudah diterbitkan, menjadi draf

Demikian Sobat Kangdede, artikel mengenai cara menulis artikel di blog untuk pemula. Jadi Sobat yang memang merasa gaptek dengan teknologi khususnya dunia blogging, Kangdede harap bisa terbantu dengan postingan “cara menulis artikel di blog untuk pemula ini”

Untuk sobat yang sudah membaca posting cara menulis artikel di blog ini, namun masih mengalami kendala, jangan sungkan untuk menuliskan sekedar komentar di bawah postingnan ini.

 

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: 
Blogger biasa yang berusaha untuk berbagi pengetahuan serta mengharapkan banyak income dari ngeblog.