Cara Mengembalikan File/Folder Yang Dihidden Oleh Virus

Cara Mengembalikan File/Folder Yang Dihidden Oleh Virus | Kangdede. Assalamu’alaikum Sobat, apa Kabar? Kali ini kangdede akan berbagi tips lagi nih.. pada kesempatan ini topik yang akan kita bahas adalah masalah VIRUS!!!

Sudah takdir jika kita menggunakan sistem operasi Microsoft Windows maka kita harus membiasakan diri dengan yang namanya Virus. Tidak seperti Linux yang cukup aman terhadap serangan virus ini.

Salah satu virus yang akan kangdede bahas adalah virus yang hobinya menyembunyikan file/folder data kita di hardisk internal/eksternal atau flashdisk.

Hal ini terinspirasi dari kejadian siang ini Sob, rekan satu ruangan meminta tolong untuk discankan flashdisknya yang terkena virus. Langsung saja Kangdede tancapkan flash drive ke kompi dengan OS Windows 10. Hasilnya isi flashdisk tersebut terlihat beberapa file yang berekstensi exe alias aplikasi.

Padahal nama filenya mirip dengan nama file data kawan Kangdede tersebut. Dan yang lebih mencurigakan kangdede adalah kapasitas flashdisk yang terpakai mencapai hampir 4 GB, sementara file yang terlihat hanya beberapa file dengan icon word dan excel.

Baca Juga : Cara merubah font default ms Words

Cara Mengembalikan File/Folder Yang Dihidden Oleh Virus

Dari situ kangdede meyakini ada banyak file yang dihidden, keyakinan tersebut sejalan dengan pengakuan sang empunya flashdisk bahwa banyak folder yang hilang.

Nah langsung saja ya Sob, kangdede kasih tips cara mengembalikan file/folder yang dihidden oleh Virus, berdasarkan pengalaman Kangdede

 

Cara Mengembalikan File/Folder Yang Dihidden Oleh Virus

  1. Scan Flashdisk dengan aplikasi antivirus atau Windows Defender Security
  2. Langkah pada point 1 diatas, selain bisa menghilangkan virus yang menyebabkan file dihidden juga jika beruntung (antivirusnya bagus) bisa langsung mengembalikan file/folder yang dihidden virus
  3. Karena antivirus 360 Total Security dan Windows Defender yang ada di Kompi Kangdede tidak mampu untuk mengembalikan file/folder yang dihidden, maka Kangdede menggunakan cara terakhir dibawah ini :
    • Masuk ke CMD / command prompt
    • Ketik drive flashdisk yang akan kita buka, misalkan ada di drive d, maka ketik d: lalu enter
    • setelah itu ketik attrib -r -a -s -h *.* /s /d dan tekan enter untuk mengeksekusinya.
    • Tunggu beberapa saat sampai proses selesai..
    • Terakhir cek lagi drive d dengan windows explorer, jreng jreng jreng. Alhamdulillah file dan folder yang disembunyikan / dihidden oleh virus sudah kembali
  4. Keterangan:
    attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt
    -s = menghilangkan atribut System File
    -h = menghilangkan atribut Hidden File
    -r = menghilangkan atribut Read Only File
    /s = sub directory
    /d = directory
    dir = melihat isi dari sebuah directory*.* = untuk menampilkan/memanggil semua file yg kehidden

Demikian Sobat, informasi dan tips tentang cara mengembalikan file/folder yang dihidden oleh Virus. Semoga bermanfaat..

Loading...

About Kangdede

Blogger biasa yang berusaha untuk berbagi pengetahuan serta mengharapkan banyak income dari ngeblog.

View all posts by Kangdede →