Blankon 10 Tambora, Distribusi Linux Indonesia Untuk Dunia

3 comments 1351 views

Blankon  10 Tambora, Distribusi Linux Indonesia Untuk Dunia | Kangdede – Sebuah kejutan diawal tahun 2017 ini ketika membuka situs distrowatch.com, Kangdede menemukan sebuah artikel rilis linux yang sudah lama dikenal namun Kangdede kira sudah mati alias tidak ada pengembangan lagi. Setelah terakhir Blankon versi 9 dengan nama Suroboyo yang dirilis 15 Februari 2014, akhirnya blankon kembali lahir dengan berbagai fitur yang menurut Kangdede sangat ruarr biasa. Blankon 10 dengan kode nama TAMBORA, dirilis pada 5 Januari 2017.

Apa saja yang baru di Tambora? Menurut catatan rilis blankon.or.id, beberapa fitur yang Blankon 10 Tambora antara lain :

Desktop Manajer Blankon 10 Tambora (Manokwari)

Manokwari adalah aplikasi desktop manajer pada Blankon. Jika Sobat adalah pengguna Windows, pasti sudah tidak asing dengan istilah tampilan desktop. Tampilan desktop windows xp akan berbeda dengan tampilan desktop windows 10. Nah, di linux, kita disediakan berbagai tampilan desktop atau layar utama dari sistem operasi linux. Kalau di Android, mungkin disebut dengan launcher :D.

Berbagai dekstop manajer yang ada di linux antara lain KDE, Gnome, Xfce, Cinnamon, Mate, Budgi, Unity dan masih banyak lagi. Sobat pengguna linux bisa berganti-ganti tampilan dalam sebuah sistem yang telah terinstall di komputer sesuai dengan selera.

Nah untuk Distribusi Linux BlankOn 10 Tambora ini, menggunakan dekstop Manokwari yang juga ASLI Buatan Indonesia. Hebat ya pengembang Linux Blankon ini?

Manokwari yang terdapat pada rilis Blankon 10 Tambora ini, dilakukan penambahan beberapa fitur diantaranya pembaruan pencarian, panel kanan, melihat cuaca, pemutar musik dan dengan ikon-ikon yang manis… (semanis madu). Manokwari yang tersedia di BlankOn Tambora juga mendukung resolusi layar yang tinggi, seperti retina display. Manokwari bahkan bisa digunakan di layar 4K.

Pengalaman pada BlankOn 9, Desktop Manokwari sangat lambat pada netbook yang Kangdede gunakan. Tapi Manokwari pada BlankOn 10 Tambora SANGAD RUAAAAR BYASA!!!!!

Eh… setelah buka-buka setingan, background Blankon 10 Tambora juga RUAAAAAR BYASA!! :D. Ada kebun tehnya segala….

Blankon 10 Tambora

Tampilan Desktop Manokwari

BLANKON INSTALLER

BlankOn Installer adalah aplikasi pemasangan yang dikembangkan oleh pengembang BlankOn dengan menggunakan teknologi HTML5, Javascript dan Vala, yang mana didalamnya terdapat pemartisi hardisk. BlankOn Installer ini diharapkan bisa memudahkan pengguna dalam memasang BlankOn.

Setelah mengalami pengalaman PAHIT pada saat ingin memasang BlankOn 9 terutama pada saat partisi hardisk, Kangdede merasa Blankon Instaler pada Tambora SANGAD RUAAAR BYASA!!! Rugi besar kalau Sobat enggak mencoba BlankOn 10 Tambora ini.

APLIKASI PERKANTORAN

Dalam rilis BlankOn 10 Tambora ini, aplikasi perkantoran menggunakan aplikasi LibreOffice versi 5.1.4.2 yang merupakan versi terbaru. Cukup bagus, tapi kalau Sobat keukeuh enggak biasa pake aplikasi LibreOffice sepertinya masih bisa pasang aplikasi office lainnya nanti.

IKON TEBU

Ikon Tebu adalah ikon yang dikembangkan tim kesenian BlankOn. Ikon Tebu akan menggantikan Ikon Komodo yang telah digunakan 2 kali rilis sebelum BlankOn 10 Tambora. Ikon ini cukup bagus lho So, enggak kalah dengan ikon buatan luar nagreg. Malah menurut Kangdede, Ikon Tebu cukup UNIK dan NYENTRIK sesuai dengan ETNIK INDONESIA. Kesimpulan untuk ikon BlankOn 10 Juga RUAAAR BYASA!!!!

GNOME 3.20

Gnome disini adalah basis desktop yang digunakan pada BlankOn. GNOME 3.20 mencakup dukungan yang ditingkatkan untuk layar HiDPI dan perangkat masukkan MultiTouch, termasuk dukungan gerak. Manajemen jaringan dan kemampuan geolokasi juga telah ditingkatkan secara signifikan. Semua aplikasi GNOME telah menerima banyak fitur baru dan perbaikan.

Dukungan Mutimedia

Untuk urusan multimedia, serahkan pada Blankon. Sobat bisa segera memainkan musik dengan Audacious, memutar video dengan VLC, membakar CD/DVD dengan Braseo. Jika masih kurang, ratusan aplikasi masih bisa diinstal dari repository Blankon.

Jendela VLC di BlankOn 10 Tambora

Jendela VLC di BlankOn 10 Tambora

Aplikasi Grafis

Aplikasi grafis bawaan yang sudah ada dalam BlankOn 10 Tambora ini antara lain GIMP, dan Inscape.

Secara keseluruhan, BlankOn 10 Tambora SANGAD RUARRR BYASA!!! Dan rasa-rasanya Kangdede akan segera mengganti Debian Linux yang sudah lama bersemayam di Netbook “Kameumeut”, dengan BlankOn Linux 10 Tambora. Sebagai bukti penghormatan Kangdede pada Pengembang BlankOn dan tentu saja sebagai bukti kalau Kangdede juga Cinta Produk-Produk Buatan Indonesia.

Sebuah harapan Kangdede untuk Blankon adalah semoga dengan dirilisnya BlankOn 10 Tambora, BlankOn akan semakin mendunia. Dengan Manokwari nya yang keren! beda dari yang lain (Distribusi Linux lain ga ada yang pake), Aplikasi dan repositorynya semoga lengkap kap, Stabil, Ringan, Mudah Digunakan, dan harapan terbesar adalah Linux (Terutama BlankOn 10 Tambora) semakin memasyarakat dan digunakan didunia pendidikan dan dunia kerja di Indonesia.

DAPATKAN BLANKON 10 TAMBORA

Untuk Sobat yang ingin mendapatkan atau mengunduh alias men-download image BlankOn 10 Tambora, silahkan kunjungi halaman ini : http://cdimage.blankonlinux.or.id/blankon/rilis/10.0/

Pilih sesuai spesifikasi komputer Sobat, untuk kompi jadul sebaiknya unduh iso image blankon i386, sedangkan untuk kompi jaman kiwari (jaman sekarang) dimana spek nya sudah canggih dan tinggi, download yang amd64 ya Sob.

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: 
Blogger biasa yang berusaha untuk berbagi pengetahuan serta mengharapkan banyak income dari ngeblog.
  • Tritium

    kang mau tanya,saya pasang di lenovo g40-45 cameranya kok gak kedetec ya,gimana solusinya ya??

  • hence situmeang

    mantap kang